FISIK BANGUNAN PASAR DEGUNG KOTA SUKABUMI MENURUT RENCANA AKAN SEGERA DIRENOVASI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, fisik bangunan Pasar Degung Kota Sukabumi yang berlokasi di wilayah Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, menurut rencana akan segera direnovasi, oleh Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, karena ada beberapa bagian fisik bagunan pasar tersebut yang sudah lapuk akibat sudah lama tidak direnovasi.

Dikatakannya, apabila fisik bagunan pasar tersebut tidak segera direnovasi, dapat mengganggu terhadap keamanan, kenyamanan dan ketenangan para pedagang dan konsumen, serta banyak para pedagang dan konsumen yang merasa khawatir dan ketakutan. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, akan merernovasi fisik bangunan pasar tersebut pada tahun 2018 ini, terutama pada bagian atapnya. Sebab kondisi fisik bangunan lainnya pasar tersebut masih layak dan aman, sehingga tidak perlu direnovasi.

Sedangkan mengenai biaya renovasi fisik bangunan pasar tersebut, pihak Diskop UKM-PP Kota Sukabumi akan menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun 2018, serta pelaksanaan renovasinya ditargetkan harus selesai pada bulan Oktober 2018 mendatang. Dikatakan pula, keberadaan pasar tersebut sangat membantu terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat, khususnya di Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. Bahkan tidak sedikit warga masyarakat dari luar Kelurahan Benteng yang sengaja datang ke pasar tersebut.

Lebih jauh Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi mengatakan, kendati pasar tersebut relatif kecil, namun barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya kebutuhan warga masyarakat sehari-hari cukup tersedia. Disamping itu, juga lokasinya cukup strategis, serta sangat aman dan nyaman dari kemacetan lalu lintas.

Diharapkannya, apabila kondisi fisik bangunan pasar tersebut sudah selesai direnovasi, bisa lebih meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat, khususnya di Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, serta dapat membantu terhadap upaya pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Leave a Reply