DKP3 KOTA SUKABUMI BELUM MENEMUKAN ADA HEWAN QURBAN DI KOTA SUKABUMI YANG TERSERANG PENYAKIT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, belum menemukan ada hewan qurban di Kota Sukabumi yang terserang penyakit. Sebab seperti diungkapkan Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T., dari puluhan lapak penjualan hewan qurban di Kota Sukabumi yang telah diperiksa, kondisi hewan kurbannya relatif sehat serta memenuhi ketentuan dan syariat Islam.

Namun demikian, pihak DKP3 Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal melalukan pemantauan dan pemeriksaan ke setiap lapak penjualan hewan qurban di Kota Sukabumi, termasuk pada saat pelaksanaqan pemotongan hingga pendistribusian daging qurban kepada warga masyarakat, untuk mengantisipasi kemungkinan ada hewan qurban yang terserang penyakit atau ada yang tidak sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam.

Untuk itu, seluruh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi yang melibatkan sejumlah mahasiswa ini, melaksanakan tugas selama empat putaran. Yakni putaran pertama dan kedua melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban dan lingkungan lapak penjualannya, serta putaran ketiga dan keempat melakukan pemantauan cara pemotongan dan pendistribusian daging hewan qurban kepada warga masyarakat. Maksud dan tujuannya, supaya setiap hewan qurban dari mulai hidup, pemotongan, perencahan dan pendistribusian dagingnya kepada warga masyarakat memenuhi kategori HAUS (Halal, Aman, Utuh dan Sehat).

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala DKP3 Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga mayarakat yang akan membeli hewan qurban, harus hewan qurban yang memiliki SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dari DKP3 Kota Sukabumi. Diharapkannya, apabila warga masyarakat menemukan ada hewan qurban yang terserang penyakit, agar segera dilaporkan ke Posko Hewan Qurban, di RPH (Rumah Potong Hewan) Bidang Peternakan DKP3 Kota Sukabumi, Jalan Cemerlang Kilometer 4,5, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Waudoyong, Kota Sukabumi, dengan Nomor Telepon 222 186, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal oleh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi. Selain itu, warga masyarakat pun bisa melakukan konsultasi tentang hewan qurban yang memenuhi ketentuan dan syariat Islam, serta bisa melakukan pemotongan hewan qurban di RPH Bidang Peternakan DKP3 Kota Sukabumi.

Menyinggung peredaran hewan qurban di Kota Sukabumi, menurut Kepala DKP3 Kota Sukabumi kebanyakan didatangkan dari luar daerah Kota Sukabumi, namun sudah dilakukan pemantauan dan pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi, serta diprediksi dapat memenuhi kebutuhan hewan qurban warga masyarakat.

Leave a Reply