DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI AKAN MEMBERLAKUKAN DENDA KEPADA PARA PEMILIK KENDARAAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, mulai bulan September 2018, akan memberlakukan denda kepada para pemilik kendaraan, yang secara sengaja menghilangkan Buku dan Tanda Uji Kir kendaraannya, yakni sebesar Rp. 250 ribu. Kepala UPT PKB (Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Asep Supriadi, A.Md.PKB., S.H. menjelaskan, pemberlakuan denda tersebut sesuai dengan Peraturan Wali Kota Sukabumi tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

Dijelaskan pula, diberlakukannya aturan tersebut, agar para pemilik kendaraan bisa lebih tertib menjaga dan menyimpan Buku dan Tanda Uji Kir kendaraannya. Karena tidak sedikit para pemilik kendaraan yang terkesan menyepelekan Buku dan Tanda Uji Kir kendaraannya, terutama para pemilik kendaraan angkutan umum, sehingga Buku dan Tanda Uji Kir kendaraannya sering hilang.

Untuk itu, Kepala UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, menghimbau kepada para pemilik kendaraan terutama kepada para pemilik kendaraan angkutan umum, baik di wilayah Kota Sukabumi maupun di wilayah Kabupaten Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal menjaga dan menyimpan Buku dan Tanda Uji Kir kendaraannya dengan baik.

Sebab Kementerian Perhubungan RI memberlakukan aturan, bahwa Uji Kir Kendaraan harus ke UPT PKB yang sudah terakreditasi, dan kebetulan UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah terakreditasi. Dengan demikian, seluruh kendaraan bermotor dari wilayah Kabupaten Sukabumi harus melakukan Uji Kir ke UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Dikatakannya, seluruh kendaraan yang melakukan Uji Kir ke UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dikenakan tarif, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dikatakan pula, dengan adanya aturan dari Kementerian Perhubungan RI tersebut, dapat mendongkrak sekaligus meningkatkaan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi, khususnya dari sektor Uji Kir Kendaraan.

Lebih lanjut dikatakan, kendati seluruh kendaraan dari wilayah Kabupaten Sukabumi harus melakukan Uji Kir ke UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, tapi kendaraan yang melakukan Uji Kir ke UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi jumlahnya belum signifikan, yakni dalam setiap hari hanya ada peningkatan sebanyak 15 kendaraan. Namun demikian, dalam setiap hari pihaknya senantiasa melakukan berbagai persiapan, termasuk menyiapkan penambahaan Tim Penguji, untuk menjaga dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kendaraan yang melakukan Uji Kir ke UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, khususnya dari wilayah Kabupaten Sukabumi.

Leave a Reply