KEBUTUHAN HEWAN QURBAN TAHUN 2018 DI KOTA SUKABUMI DIPERKIRAKAN MENGALAMI KENAIKAN SEBESAR 5 PERSEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T., kebutuhan hewan qurban tahun 2018, di Kota Sukabumi diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 5 persen dari tahun 2017. Hal ini menandakan, bahwa keimanan dan ketaqwaan serta kesejahteraan dan kesadaran warga masyarakat untuk berqurban semakin tinggi dan meningkat.

Dijelaskannya, kebutuhan hewan qurban di Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan, namun peningkatannya rata-rata hanya sebesar 5 persen. Dijelaskan pula, seluruh hewan qurban harus benar-benar sehat serta harus sesuai dengan persyaratan dan ketentuan syariat Islam, supaya dapat memenuhi kriteria HAUS (Halal, Aman, Utuh dan Sehat).

Untuk itu, seluruh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi beserta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait termasuk mahasiswa, senantiasa berupaya optimal melalukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban dan lapak penjualan hewan qurban di Kota Sukabumi, untuk mengantisipasi kemungkinan ada hewan qurban yang terserang penyakit, atau ada yang tidak sesuai dengan persyaratan dan ketentuan syariat Islam.

Disamping itu juga dijelaskan, setiap hewan qurban yang dinyatakan sehat dan memenuhi persyaratan serta ketentuan syariat Islam, oleh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi diberi SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan), untuk menjamin dan memastikan bahwa hewan tersebut benar-benar sehat serta sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dan ketentuan syariat Islam.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi mengatakan, berdasarakan hasil pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban dan lapak penjualan hewan qurban, di Kota Sukabumi belum ditemukan ada hewan qurban yang terserang penyakit. Selain itu juga dikatakan, setiap hewan qurban yang telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi, rata-rata kondisinya sehat serta memenuhi persyaratan dan ketentuan syariat Islam.

Dikatakan pula, setiap hewan qurban selain harus benar-benar sehat serta harus memenuhi persyaratan dan ketentuan syariat Islam, juga dalam melakukan pemotongannya pun harus sesuai dengan persyaratan dan ketentuan syariat Islam. Berkaitan dengan hal tersebut, Tim Pemeriksa Hewan Qurban DKP3 Kota Sukabumi akan melalukan pemantauan pada saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban, dari mulai pemotongan, perencahan dan pendistribusian dagingnya kepada warga masyarakat.

Leave a Reply