PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN HARUS BENAR-BENAR TERTANAM DALAM HATI SETIAP INSAN PRAMUKA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ketua Kwarnas (Kwartir Nasional) Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. mengharapkan, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Tri Satya dan Dasa Dharma  Pramuka, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Harapan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka tersebut, disampaikan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., selaku Pembina Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, pada Upacara Hari Jadi Ke 57 Pramuka Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, hari Kamis, 23 Agustus 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Pada bagian lain sambutannya, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengucapkan selamat Hari Jadi Ke 57 Pramuka, kepada segenap jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia dan perwakilan di luar negeri. Diungkapkannya, Gerakan Kepanduan sebagai cikal bakal Gerakan Pramuka, sudah ada di bumi pertiwi sejak tahun 1912, dengan nama kelompok, baik berdasarkan nama etnik maupun keagamaan. Diungkapkan pula, Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubowono IX, pada tanggal 14 Agustus 1961 sekaligus berpesan, bahwa Gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. Selain itu juga diungkapkan, Bung Karno menunjuk Sri Sultan Hamengkubowono IX menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pertama, yang selanjutnya dikukuhkan menjadi Bapak Pramuka Indonesia pada tahun 1988.

Dikatakannya, Hari Jadi Ke 57 Pramuka Tahun 2018, mengangkat tema, Pramuka Perekat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonsia). Tema tersebut menegaskan, bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan berfokus mendidik kaum muda Indonesia, untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI. Selain itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para penerima penghargaan dari Gerakan Pramuka, atas berbagai jasa, pengabdiaan dan kerja samanya, terutama dalam meningkatkan aktifitas dan kualitas Gerakan Pramuka. Diharapkannya, penghargaan yang diberikan dalam momen Hari Jadi Ke 57 Pramuka Tahun 2018 ini, dapat memacu dan mendorong sekaligus meningkatkan pengabdian dalam memajukan Gerakan Pramuka dan mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia.

Adapun yang hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka, Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting), Ketua Kwaran (Kwartir Ranting) se Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Leave a Reply