SELURUH PNS AGAR SENANTIASA BERUPAYA OPTIMAL MENJAGA INTEGRITAS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., meminta kepada seluruh PNS dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal menjaga integritas, serta loyalitas dan disiplin yang tinggi, termasuk tanggung jawab dan komitmen terhadap pelaksanaan tugas. Selain itu, juga agar senantiasa menjaga netralitas, untuk menjamin terselenggaranya tugas pemerintahan dan pelayanan kepada warqa masyarakat, serta haus sensitif dan responsif terhadap berbagai tantangan dan permasalahan baru yang timbul, baik di dalam maupun di luar organisasi.

Yang tidak kalah penting, juga harus memiliki jiwa semangat untuk mewujudkan good governance atau kepemrintahan yang baik, serta harus senantiasa menghindari terjadinya proses KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan. Selanjutnya harus memiliki wawasan yang jauh ke depan dan melaksanakan berbagai terobosan yang positif, melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik, serta memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan dan memanfaatkan berbagai sumber daya secara optimal, sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal.

Permintaan Penjabat Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan dalam sambutan, usai melantik 26 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang terdiri dari 16 orang Fungsional Polisi Pamong Praja, 3 orang Penyuluh Pertanian, 1 orang Paramedik Veteriner,  3 orang Penilik, 1 orang Widyaiswara, serta 2 orang Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah, tepatnya tanggal 21 Agustus 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Inspektur Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

Dikatakannya, Pelantikan Pejabat Fungsional merupakan suatu keharusan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara), serta paragraf 10 pasal 87 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, yakni setiap PNS yang diangkat menjadi Pejabat Fungsional wajib dilantik atau diambil sumpah dan janjinya, menurut agamanya masing-masing.

Adapun definisi Jabatan Fungsional menurut Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, yakni sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional, berdasarkan pada keakhlian dan keterampilan tertentu. Sedangkan pengangkatan Pejabat Fungsional bisa dilakukan melalui tiga cara, yakni melalui pengangkatan pertama pada saat seleksi CPNS, perpindahan dari jabatan lain, dan pengangkatan melalui penyesuaian atau inpassing. Namun khusus untuk pengangkatan penyesuaian, hanya bisa dilakukan sampai dengan bulan Desember 2018 mendatang.

Leave a Reply