DALAM MUSIM KEMARAU SAAT INI ANCAMAN KEBAKARAN DI KOTA SUKABUMI DIPREDIKSI MENINGKAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Seksi Damkar (Pemadam Kebakaran) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Hendar Iskandarsyah, S.IP. menandaskan, dalam musim kemarau saat ini, ancaman kebakaran di Kota Sukabumi diprediksi meningkat. Ancaman tersebut dapat diindikasi dari berbagai sumber, diantaranya dari berbagai barang dan bahan kering yang mudah terbakar.

Selain itu, dalam melakukan penanggulangan terhadap musibah kebakaran sangat terancam, dengan menurun dan berkurangnya volume air di Kota Sukabumi. Karena hal tesebut menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Petugas Damkar BPBD Kota Sukabumi, sebab mengalami kesulitan menemukan sumber air yang debit airnya memadai kebutuhan. Lebih jauh tandaskan, lokasi-lokasi sumber air yang sering digunakan oleh Petugas Damkar dalam memenuhi kebutuhan air untuk menanggulangi musibah kebakaran, persediaannya sudah menurun dan berkurang secara drastis. Hal tersebut akan menyulitkan Petugas Damkar dalam melakukan proses pemadaman api, terlebih apabila lokasinya jauh dari jangkauan.

Kepala Seksi Damkar BPBD Kota Sukabumi mengatakan, dalam keadaan darurat, Petugas Damkar bisa mengambil air dari berbagai sumber air yang memiliki persediaan air memadai, seperti pada kolam ikan atau kolam renang, untuk menanggulangi dan memadamkan api apabila terjadi musibah kebakaran. Dikatakan pula, musibah kebakaran yang baru-baru ini terjadi di wilayah Kota Sukabumi, diantaranya pada Halaman Gudang Penyimpanan Bahan Bangunan di Jalan Pramuka RT 05 RW 04 Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, dan pada Toko Meubel di Jalan R.A. Kosasih RT 03 RW 07 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, serta menghanguskan beberapa bangunan di sekeliling Toko tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Seksi Damkar BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa waspada dan berhati-hati untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah kebakaran di rumah dan lingkungannya masing-masing, dengan senantiasa berupaya optimal menjauhkan berbagai jenis barang dan bahan kering yang mudah terbakar dari berbagai sumber api, seperti kompor, tungku dan sebagainya. Disamping itu, Kepala Seksi Damkar BPBD Kota Sukabumi meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila di wilayahnya terjadi musibah kebakaran, agar segera menghubungi Damkar BPBD Kota Sukabumi, Telepon 0266 222155, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal oleh Petugas Damkar.

Leave a Reply