DINAS KESEHATAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ANCAMAN BERBAGAI JENIS PENYAKIT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dalam musim kemarau saat ini, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan munculnya berbagai jenis penyakit, diantaranya penyakit Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Karena penyakit tersebut, seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah, M.P., sering muncul dan menyerang warga masyarakat pada musim kemarau, yang diakibatkan oleh asap dan debu.

Sebab asap dan debu yang berlebihan pada musim kemarau, bisa mengancam dan menganggu saluran pernapasan warga masyarakat. Adapun upaya untuk menghindari penyakit tersebut yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat, yakni dengan melakukan pola PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), serta senantiasa menggunakan masker, termasuk menghindari asap dan debu.

Sedangkan upaya untuk mengantisipasi ancaman dan munculnya penyakit Ispa di Kota Sukabumi, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Sukabumi, supaya melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga masyarakat luas di wilayah kerjanya masing-masing, khususnya tentang pola PHBS dan penggunaan masker serta menghindari asap dan debu, untuk menghindari ancaman dan munculnya penyakit tersebut. Karena dengan pola PHBS dan penggunaan masker serta menghindari asap dan debu, warga masyarakat dapat terhindar dari ancaman dan munculnya penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menjelaskan, dalam musim kemarau juga bisa berpotensi menimbulkan penyakit lainnya, yang diakibatkan oleh kurangnya penggunaan air bersih. Karena dalam setiap musim kemarau debit air senantiasa mengalami penurunan. Sedangkan setiap warga masyarakat, dalam setiap harinya rata-rata membutuhkan 85 persen air bersih. Demikian pula daya tahan tubuh warga masyarakat, pada musim kemarau cenderung mengalami penurunan. Adapun upaya untuk mengantisipasinya, setiap warga masyarakat harus mengonsumsi air bersih yang cukup, supaya tubuh setiap warga masyarakat senantiasa dalam keadaan bugar dan sehat.

Dikatakannya, upaya untuk mengantisipasi dan menangani berbagai jenis penyakit yang muncul dalam musim kemarau, bukan merupakan tugas dan tanggungjawab Dinas Kesehatan saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggunjawab semua pihak, yakni pemerintah, Dinas Kesehatan dan segenap lapisan warga masyarakat, khususnya dalam melakukan pola PHBS dan penggunaan masker serta menghindari asap dan debu.

Leave a Reply