PENJABAT SEKRETARIS DAERAH MEMBUKA UJI PUBLIK PENYUSUNAN KLHS RPJMD KOTA SUKABUMI TAHUN 2018-2023

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., secara resmi membuka Uji Publik Penyusunan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, di Hotel Horison Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 27 Agustus 2018. Hadir pada kesemptan tersebut, para Kepala adir HSKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menegaskan, sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan RPJMD, pemerintah pusat dan daerah wajib membuat KLHS, untuk memastikan, bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegritas dalam pembangunan suatu wilayah, serta kebijakan, rencana dan program kegiatan.

Adapun salah satu tahapan dalam pembuatan KLHS ini, yakni uji publik. Maksud dan tujuannya, untuk menyepakati isu utama, tantangan dan kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu,  Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada seluruh peserta Uji Publik Penyusunan KLHS RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 ini, dapat memberikan masukan terhadap penentuan isu utama dan tantangan yang akan dihadapi oleh Pemerintah Kota Sukabumi ke depan.

Dalam pada itu, Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si.  menjelaskan, peserta yang mengkiuti Uji Publik Penyusunan KLHS RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 ini, berasal dari unsur pemerintah dan non pemerintah, diantaranya unsur SKPD, Ormas (Organisasi Kemasyarakatan), filantropi, pelaku usaha, akademisi dan berbagai pihak terkait lainnya.

Sedangkan yang bertindak selaku nara sumber dalam Uji Publik Penyusunan KLHS RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 ini, yakni Kepala Seksi Wilayah 1 Sub Direktorat Lingkungan Hidup Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Ahmad Riqqi, sebagai tenaga akhli yang melakukan kajian terkait daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup Kota Sukabumi, sekaligus sebagai Tim Penyusun KLHS RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, dan Fasilitator dalam Penentuan Isu Utama KLHS RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, Sri Handayani.

Leave a Reply