DINAS SAT POL PP POL PP KOTA SUKABUMI MENERTIBAN BANGUNAN LIAR DI ATAS TROTOAR JALAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal menertiban bangunan liar di atas trotoar jalan di Kota Sukabumi. Adapun penertiban yang baru-baru ini dilaksanakan, menurut Kepala Bidang Gakda dan SDA (Penegakan Peraturan Daerah dan Sumber Daya Aparatur) Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi, Sudrajat, S.H., yakni di Jalan Yulius Usman dan Jalan Bhayangkara, tepatnya tanggal 30 Agustus 2018.

Dijelaskannya, pada saat melakukan penertiban di Jalan Bhayangkara, Tim Penertiban Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi menemukan KWH Meter Listrik pada salah satu bangunan liar yang didirikan di atas trotoar jalan tersebut. Padahal pada setiap bangunan liar yang tidak memilik izin, tidak boleh dipasang KWH Meter Listrik, karena sebelum dipasang harus melalui beberapa tahapan yang cukup selektif, serta harus memiliki SLO (Sertifikat Layak Operasi) yang dikeluarkan oleh LIT TR (Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah).

Dijelaskan pula, masalah penemuan KWH Meter Listrik pada bangunan liar tersebut harus dibongkar, dan sepenuhnya diserahkan kepada pihak PLN APJ (Area Pelayanan dan Jarinagan) Kota Sukabumi. Untuk itu, pihaknya langsung melakukan koodinasi dengan pihak PLN APJ Kota Sukabumi, sebab pada setiap bangunan liar yang tidak memilik izin tidak boleh dipasang KWH Meter Listrik. Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya penertiban terhadap setiap bangunan liar di atas trotoar jalan di Kota Sukabumi ini, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 2 Tahun 2004 tentang Ketertiban Umum, yang didalamnya tidak membolehkan mendirikan bangunan di atas trotoar dan badan jalan.

Lebih jauh dijelaskan, pelaksanaan penertiban terhadap bangunan liar di atas trotoar jalan di Kota Sukabumi ini dibagi 2 Tim Penertiban, serta berhasil membongkar 5 bangunan liar yang didirikan di atas trotoar Jalan Yulius Usman dan Jalan Bhayangkara. Disamping itu juga dijelaskan, sebelum dilaksanakan pembongkaran, pihak Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi sudah memberikan surat teguran dan himbauan kepada para pemilik bangunan liar di 2 jalan tersebut, agar membongkar bangunannya, karena tidak boleh mendirikan bangunan di atas trotoar jalan, sebab fungsinya untuk warga masyarakat yang berjalan kaki.

Kepala Bidang Gakda dan SDA Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi  menandaskan, karena bangunan liar tersebut tidak dibongkar oleh para pemiliknya, serta sebelumnya sudah diberi surat teguran dan himbauan, maka bangunan liar tersebut tepaksa dibongkar oleh Tim Penertiban Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi. Selanjutnya ditandaskan, selain bangunan liar di 2 jalan tersebut, pihak Dinas Sat Pol PP Kota Sukabumi juga akan terus menertibkan dan membersihkan seluruh bangunan liar di zona merah Kota Sukabumi, yakni di Jalan Siliwangi, Jalan Suryakencana, Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan Perpustakaan, Jalan R.E Martadinata, Jalan Zaenal Zakse, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Leave a Reply