PELATIHAN PROGRAM P2WKSS TAHUN 2018 DI RW 01 BABAKAN BANDUNG KELURAHAN SUBANGJAYA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, melaksanakan Pelatihan Program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) Tahun 2018, di RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Pelatihan tersebut, dibuka secara resmi oleh PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., tepatnya tanggal 28 Agustus 2018, di masjid Al-Islah RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya. Sedangkan yang hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan lembaga terkait, Lurah Subangjaya, Fery Munggaran, S.STP., M.AP., dan para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Lurah Subangjaya menjelaskan, berbagai masalah yang akan dilaksanakan pada Pelatihan Program P2WKSS di RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya ini, diantaranya masalah sampah, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), serta pengembangan ekonomi. Dikatakannya, berbagai masalah tersebut diperlukan adanya intervensi dari berbagai pihak dan SKPD serta instansi dan lembaga terkait, khususnya masalah sampah. Adapun upaya untuk menyelesaikan masalah sampah di RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya ini, diantaranya dengan akan dibuat atau dibentuknya Bank Sampah Durian Satu. Dikatakan pula, RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya ini, akan dijadikan cikal bakal PHBS, khususnya dalam menangani dan menyelesaikan masalah sampah, yakni yang semula dibuang ke sungai, dibakar dan dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara), tapi mulai sekarang akan dipilah dan dikumpulkan, kemudian dijual ke Bank SAMMI Kota Sukabumi, dan hasilnya ditabung.

Sedangkan masalah PHBS akan dilaksanakanya oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Puskesmas, PMI dan UMMI Kota Sukabumi, melalui penyuluhan, Bintek (Bimbingan Teknis) dan lain-lain, diantaranya warga masyarakat agar tidak merokok di dalam rumah, harus cuci tangan dengan menggunakan sabun, dan persalinan harus dengan tenaga kesehatan. Sementara masalah perekonomian di RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya ini, akan dibentuk 4 KUBE (Kelompok Usaha Bersama). Lebih jauh dikatakan, pelaksaan Pelatihan Program P2WKSS di RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subangjaya ini, akan senantiasa dilakukan secara optimal dan sinergi dengan seluruh SKPD serta instansi dan lembaqa terkait yang ada di Kota Sukabumi, kepada 100 KK (Kepala Keluarga) binaan, serta peningkatan dan pengembangan keterampilan kepada para Warse (Wanita Rawan Sosial Ekonomi).

Leave a Reply