PEMBANGUNAN GOR DAN GEDUNG KESENIAN DIJADWALKAN SELESAI PADA TAHUN 2019 MENDATANG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pembangunan GOR (Gelanggang Olah Raga) Remaja Merdeka Kota Sukabumi dan Gedung Kesenian Kota Sukabumi, dijadwalkan selesai pada tahun 2019 mendatang. Karena seperti diungkapkan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, Ir. H. Rudi Djuansyah, masih ada kekurangan anggaran untuk tahap finalisasi, dan hal tersebut sedang diajukan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Adapun anggaran untuk tahap finalisasi pembangunan GOR Remaja Merdeka Kota Sukabumi ini, yakni sebesar Rp. 2 milyar, dan anggaran untuk pembangunan Gedung Kesenian Kota Sukabumi sebesar Rp. 700 juta. Diungkapkan pula, anggaran untuk pembangunan Gedung Kesenian tersebut, hanya untuk peralatan dan paving halaman. Sedangkan untuk lahan parkir dan pemagaran, akan diusulkan kembali. Selain itu juga diungkapkan, alokasi anggaran yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk kedua pembangunan gedung tersebut tidak ada kendala dan masalah serta bisa dilanjutkan, kendati sudah berganti kepemimpinan Gubernur Jawa Barat.

Sedangkan masalah belum selesainya pembangunan kedua gedung tersebut, menurut Kepala Bappeda Kota Sukabumi, karena anggaran yang diterima oleh Pemerintah Kota Sukabumi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak sesuai dengan yang diusulan oleh Pemerintah Kota Sukabumi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut terjadi, bukan perencanaan yang dilakukan oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait kurang matang, tapi pada saat Pemerintah Kota Sukabumi mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, anggarannya tidak disetujui seluruhnya.

Karena pada saat Pemerintah Kota Sukabumi mengusulkan anggaran untuk pembangunan kedua gedung tersebut kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah disusun dan peruntukannya sudah jelas. Oleh karenanya, anggaran untuk pembangunan kedua gedung tersebut tidak disetujui seluruhnya pada tahun anggaran 2018, serta harus dilakukan secara bertahap dalam 2 tahun anggaran, yakni pada tahun anggaran 2018 dan pada tahun anggaran 2019.

Leave a Reply