SMP NEGERI 16 KOTA SUKABUMI NOMINATOR JUARA LSS TINGKAT NASIONAL

Reporter : Ratna Nurseha

Tim Rechecking  Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional melakukan rechecking di SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, hari Kamis, 6 September 2018.  Rechecking ini dilakukan setelah beberapa waktu lalu SMP Negeri 16 Kota Sukabumi dinyatakan menjadi nominator juara sekolah sehat tingkat nasional mewakili Propinsi Jawa Barat. Kedatangan tim rechecking diterima oleh Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, MM., di Ruangan Utama Balaikota Sukabumi.

Ketua Tim Rechecking, Agus Suharyanto, MH., dalam sambutannya mengatakan, rechecking kali ini adalah sebagai tindak lanjut dari penilaian yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Tim Rechecking akan meninjau secara langsung ke sekolah nominator atas hasil peniaian dan pengelolaan data dari hal-hal yang menjadi fokus penilaian ditambah dengan inovasi-inovasi terbaru yang ada di SMP Negeri 16. Sebelumnya, tim juga telah mengevaluasi 15 Propinsi yang ikut serta dalam Lomba Sekolah Sehat Tahun 2018. Hasil rechecking kali ini adalah untuk menentukan nominator menjadi calon pemenang LSS tahun 2018.

Ditandaskan pula, melalui LSS ini sekolah didorong untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga para siswa mendapatkan manfaat dari lingkungan sehat. Selanjutnya, melalui kegiatan LSS ini, diharapkan sekolah-sekolah yang menjadi pemenang bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya agar menerapkan sekolah yang sehat dan perilaku hidup sehat.

Lomba sekolah sehat tingkat nasional dinilai langsung oleh empat kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri. Empat kementerian ini sepakat dengan kriteria kemenangan yaitu kinerja terbaik (best performance) dan pencapaian terbaik (best achievement) untuk kategori sekolah maupun UKS. Lomba Sekolah Sehat diikuti semua jenjang pendidikan, dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Leave a Reply