PJU DI KOTA SUKABUMI BISA MENDETEKSI BENCANA ALAM DAN TINDAKAN KRIMINALITAS

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

PJU (Penerangan Jalan Umum) di Kota Sukabumi akan menggunakan sistem PJU Smart, yang fungsinya tidak hanya menerangi jalan saja, akan tetapi juga bisa mendeteksi kerusakan, bencana alam dan tindakan kriminalitas, khususnya di sekitar PJU tersebut, sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamnan warga masyarakat. Untuk itu, seperti diungkapkan Kepala Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Lutpi Alip, S.T., Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, pada tahun 2018 ini sudah menyiapkan sebanyak 45 PJU Smart, yang akan dipasang di sejumlah titik di wilayah Kota Sukabumi. Disamping akan memasang PJU Smart, juga akan memasang sebanyak 150 PJU Lingkungan, 2 PJU Fuld Light dan 8 PJU Solar di wilayah Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, penggunaan sistem PJU Smart di Kota Sukabumi ini, merupakan salah satu bentuk inovasi. Karena selain dapat menerangi jalan, juga dapat dapat mendeteksi kerusakan, bencana alam dan tindakan kriminalitas. Karena PJU tersebut dapat dimonitor dan terintegrasi dengan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Dengan demikian, berbagai peristiwa yang terjadi di sektar PJU tersebut bisa diketahui, sehingga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi bisa memberikan peringatan dini. Dijelaskan pula, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi secara bertahap akan memasang PJU Smart di wilayah Kota Sukabumi. Namun pada tahun 2018 ini, PJU tersebut mayoritas akan dipasang di Jalan Merdeka Kota Sukabumi, tepatnya dari mulai Objek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul sampai dengan Bumi Perkemahan Cikundul. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk mendorong peningkatan dan perkembangan obyek wisata tersebut.

Lebih jauh dijelaskan, kendati dalam setiap tahun dilakukan penambahan PJU di Kota Sukabumi, namun PJU di Kota Sukabumi masih kekurangan sekitar 2.000 PJU lagi. Karena kebutuhan PJU di Kota Sukabumi seluruhnya mencapai 6.000 PJU, dan saat ini baru mencapai 4.000 PJU. Berkaitan dengan hal tersebut, Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal memenuhi kebutuhan PJU tersebut secara bertahap, supaya seluruh wilayah Kota Sukabumi dapat diterangi. Sedangkan kendala yang dihadapi Seksi PJU Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam melakukan pemasangan dan pemeliharaan PJU di Kota Sukabumi, diantaranya faktor cuaca. Sebab selain dapat menghambat terhadap pemasangan PJU juga dapat merusak PJU.

Leave a Reply