DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP MUNCULNYA BERBAGAI JENIS PENYAKIT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pada musim pancaroba atau peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan saat ini, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya berbagai jenis penyakit. Karena dalam perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah, berbagai jenis penyakit bisa muncul dan mengancam warga masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar senantiasa waspada dan berhati-hati sekaligus mengantisipasi kemungkinan munculnya berbagai jenis penyakit di wilayahnya masing-masing, dengan senantasa menjaga dan meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), diantaranya dengan melakukan Gerakan Kebersihan, Prokasih (Program Kali Bersih) dan sebagainya di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi juga sudah menghimbau dan menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Sukabumi, agar meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing, khususnya tentang Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) dan PHBS. Karena peran warga masyarakat dalam merealisasikan Germas dan PHBS sangat penting dilakukan, dalam rangka upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Dijelaskannya, khusus untuk di Kota Sukabumi tidak ada KLB (Kejadian Luar Biasa) suatu jenis penyakit. Bahkan selama bulan Romadhon dan pasca Idul Fitri Tahun 439 Hijriyah yang lalu, tidak ditemukan ada jenis penyakit yang meningkat. Adapun yang mengalami peningkatan di Kota Sukabumi, yakni jumlah warga masyarakat yang datang ke bebagai fasilitas kesehatan yang ada di Kota Sukabumi, baik ke Klinik maupun ke Puskesmas dan Rumah Sakit, untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Hal ini terjadi, atas adanya kesadaran warga masyarakat terhadap pentingnya melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Disamping itu, juga adanya kesadaran dan kepedulian warga masyarakat, dalam melakukan sekaligus meningkatkan Germas dan PHBS. Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada segenap lapisan warga masyarakat, atas kesadaran dan kepeduliannya dalam merealisasikan Germas dan PHBS di wilayahnya masing-masing seraya mengharapkan, agar hal tersebut terus dilakukan dan ditingkatkan, supaya di Kota Sukabumi tidak terjadi KLB suatu jenis penyakit.

Leave a Reply