TANGGAL 11 SEPTEMBER 2018 HUT KE 49 LPPL RSPD 93,1 FM KOTA SUKABUMI

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Tanggal 11 September 2018 bertepatan dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriyah, merupakan Hari Radio Nasional yang ke 73 dan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 49 LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi, terhitung sejak diresmikannya Sturada (Studio Radio Daerah) Kota Sukabumi, dari sebelumnya bernama Radio Eksperimental Persiapan RRI (Radio Republik Indonesia).

Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Sukarman, M.Pd., sekaligus Pimpinan Tertinggi LPPL RSPD 93,1 FM Kota Sukabumi menjelaskan, sejarah panjang telah dilalui penuh dengan berbagai tantangan. Namun hingga saat ini, RSPD FM Kota Sukabumi masih tetap eksis mengudara, menyampaikan berbagai informasi, diantaranya mengenai berbagai program dan kegiatan Pemerintah Kota Sukabumi serta berbagai jenis hiburan, baik tradisional maupun modern, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya.

Dijelaskan pula, saat ini Radio dihadapkan pada tantangan perubahan jaman, yakni tantangan era digital. Untuk menyikapi hal tersebut, RSPD FM Kota Sukabumi berupaya optimal menyelaraskan diri dengan perkembangan jaman tersebut, diantaranya merilis aplikasi android, melakukan optimalisasi siaran melalui media sosiai dan berbagai aplikasi online, serta sejak beberapa tahun yang lalu meningkatkan daya jangkau melalui layanan streaming.

Selain itu juga dijelaskan, era digital telah menumbuhkan generasi yang disebut generasi milenial. Oleh karenanya, RSPD FM Kota Sukabumi mernberikan ruang bagi generasi tersebut, untuk menunjukkan kreatifitas melalui acara yang menampilkan kreasi kaum muda. Maksud dan tujuannya, agar berbagai karya generasi tersebut memiliki tempat untuk diketahui dan diakui oleh khalayak. Disamping itu, berbagai acara hiburan pun terus disusun dengan cita rasa musik baru dan lebih segar, sesuai dengan minat para pendengar generasi milenial.

Lebih jauh Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menjelaskan, Radio masih memiliki banyak potensi, kendati mendapat bebagai tantangan berat pada era digital. Potensi tersebut menjadi salah satu sumber referensi informasi, untuk menghindari dan mencegah berbagai efek buruk yang muncul di era digital, yakni berkembangnya hoax atau informasi bohong. Untuk itu, dalam peringatan HUT Ke 49 RSPD FM Kota Sukabumi ini, mengangkat tema, Semakin Muda dan Radio Generasi Milenial. Dikatakannya, Semakin Muda memiliki makna, bahwa RSPD FM Kota Sukabumi ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, terus memperbaharui diri dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman, tanpa meninggalkan ciri khas RSPD FM Kota Sukabumi. Sedangkan Radio Generasi Milenial mengandung makna, bahwa  RSPD FM Kota Sukabumi ingin meraih lebih banyak pendengar dari kaum muda, sekaligus untuk menggairahkan kembali budaya mendengarkan radio yang pada saat ini mulai pudar.

Dikatakan pula, usia hanyalah merupakan angka, karena usia 49 tahun tidak rnenghentikan RSPD FM Kota Sukabumi untuk terus berusaha memberikan yang terbaik kepada warga masyarakat, serta beradaptasi dan berubah ke arah yang lebih baik, adalah kunci bagi RSPD FM Kota Sukabumi untuk terus berkarya. Selan itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi atas nama seluruh jajaran Diskominfo Kota Sukabumi dan LPPL RSPD FM Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemerhati dan Pamor (Paguyuban Monitor) RSPD FM Kota Sukabumi, yang senantiasa setia mendengarkan dan menjadikan RSPD FM Kota Sukabumi sebagai sumber informasi dan hiburan.

Leave a Reply