BAZNAS KOTA SUKABUMI BERHASIL MERAIH BAZNAS AWARD TAHUN 2018 TINGKAT NASIONAL

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi berhasil meraih Baznas Award Tahun 2018 Tingkat Nasional, sekaligus dinobatkan sebagai Baznas terbaik di Indonesia dalam kategori pendayagunaan. Baznas Award tersebut, diserahkan oleh Ketua Umum Baznas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.. CA., kepada Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M., beserta Ketua Baznas lainnya, Ketua LAZ (Lembaga Amil Zakat) Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, UPZ (Unit Pengumpul Zakat), serta sejumlah Kepala Daerah, Tokoh dan Media Pendukung Kebangkitan Zakat, pada Malam Anugerah Perzakatan Tahun 2018, tepatnya tanggal 7 September 2018, di Aula H.M. Rasjidi, Kemenag (Kementerian Agama) RI, Thamrin Jakarta Pusat.

Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, Baznas Kota Sukabumi terpilih sebagai Baznas terbaik di Indonesia dalam kategori pendayagunaan, setelah menyisihkan 5 kota dan kabupaten lainnya yang masuk dalam kategori pendayagunaan. Dijelaskan pula, Baznas Award tersebut baru pertama kali didapatkan oleh Baznas Kota Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan semua pihak, khususnya seluruh Pengurus Baznas Kota Sukabumi, yang senantiasa berupaya optimal dan bekerja keras dalam melakukan pengelolaan dan pendayagunaan zakat di Kota Sukabumi.

Ketua Baznas Kota Sukabumi menandaskan, dengan diraihnya Baznas Award tersebut, selain menjadi salah satu kebanggaan juga dapat menjadi motivasi bagi seluruh Pengurus Baznas Kota Sukabumi, dalam melakukan pengelolaan dan pendayagunaan zakat di Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi, untuk mewujudkan kebangkitan zakat di Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, dalam melakukan pengelolaan dan pendayagunaan zakat di Kota Sukabumi, Baznas Kota Sukabumi senantiasa konsen dan fokus pada pengentasan kemiskinan dan sarana keagamaan. Diantaranya melalui program Bapermah (Bantuan Perbaikan Rumah), Bamus (Bantuan Modal Usaha), Tumaritis (Tunjangan Masyarakat Kritis), Batama (Bantuan Kesehatan Ulama), Bagus (Bantuan untuk Guru MD dan Ustadz), serta bantuan paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) kepada warga masyarakat maskin, bantuan kepada mualaf dan ibnu sabil, bantuan sarana dan prasarana keagamaan masjid, majelis taklim, madrasah dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), termasuk bekerjasama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dalam menyantuni kaum disabilitas.

Disamping itu juga ditandaskan, transparansi Baznas Kota Sukabumi sudah diakui dan diaudit oleh berbagai pihak setiap tahun, dari mulai Audit Syariah, Inspektorat Kota Sukabumi dan Akuntan, serta hasilnya senantiasa dinyatakan sesuai dengan akuntasi, peraturan dan peruntukannya. Karena transparansi Baznas ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dilaksanakan, untuk membangun kepercayaan dari warga masyarakat.

Leave a Reply