PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SIAP MEMASOK KEBUTUHAN PANGAN KOMODITAS DAGING KE DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi siap memasok kebutuhan pangan komoditas daging ke daerah Provinsi DKI Jakarta. Karena mulai tahun 2020 mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan menerima lagi daging impor, baik daging sapi maupun daging ayam. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi beserta seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan lembaga terkait, saat ini sedang melakukan berbagai persiapan. Diantaranya menyiapkan RPH (Rumah Potong Hewan) yang higienis dan memenuhi standar yang ditetapkan.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi beserta Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur serta Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi), belum lama ini diundang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, membahas tentang kerjasama pasokan pangan khususnya daging ke daerah Provinsi DKI Jakarta. Sebab kebutuhan pangan di Provinsi DKI Jakarta, dalam setiap harinya sangat besar. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi Kota Sukabumi, untuk memasok sekaligus memenuhi kebutuhan pangan warga masyarakat Provinsi DKI Jakarta, khususnya daging. Dijelaskannya, untuk prospek dan memenuhi kebutuhan pangan tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Karena Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur memiliki lahan yang sangat luas untuk peternakan sapi, serta hal tersebut pernah terjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan berjalan baik. Namun hal tersebut perlu dijajaki dan dilakukan kerjasama kembali. Sebab Kota Sukabumi akan menjadi holding pemasok daging ke daerah Provinsi DKI Jakarta, sedangkan untuk peternakan dan pembesarannya ada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Selain itu, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi mengharapkan, ke depan di Kota Sukabumi ada BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) yang mengurus dan mengatur bebagai kebutuhan pasar, seperti di DKI Jakarta. Bahkan DKI Jakarta memiliki 3 BUMD yang mengatur urusan pasar. Antara lain PT Food Stasion, PD Pasar dan PD Darmajaya yang menyuplai kebutuhan pasar. Untuk itu, kerjasama Pemerintah Kota Sukabumi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bidang pangan terserbut, nanti urusanya dengan PD Darmajaya. Dijelaskannya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Terpilih Periode Tahun 2018-2023 pun, menginginkan agar di Kota Sukabumi ada BUMD yang mengurus dan mengatur bebagai kebutuhan pasar.

Leave a Reply