PENGGABUNGAN 4 TRAYEK ANGKOT AKAN DIREALISASIKAN PADA BULAN DESEMBER 2018 MENDATANG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penggabungan dan perubahan 4 trayek Angkot (Angkutan Kota) di Kota Sukabumi ke Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, akan direalisasikan pada bulan Desember 2018 mendatang. Adapun ke 4 trayek Angkot tersebut, terdiri dari Angkot 14 trayek Bhayangkara digabung dengan Angkot 20 trayek Balandongan, dan Angkot 15 trayek Bayangkara digabung dengan Angkot 03B trayek Lembursitu.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan penggabungan dan perubahan ke 4 trayek Angkot tersebut, seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., saat ini sedang dilakukan pematangan sejumlah persiapan dan melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak terkait. Maksud dan tujuannya, untuk menampung berbagai masukan dan aspirasi, termasuk berbagai masalah yang akan timbul pada saat penggabungan dan perubahan ke 4 trayek Angkot tersebut direalisasikan.

Dikatakannya, penggabungan dan perubahan ke 4 trayek Angkot tersebut sangat penting dilakukan, untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah akses warga masyarakat dari pusat Kota Sukabumi atau dari arah utara Kota Sukabumi menuju Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi dan sebaliknya. Karena banyak warga masyarakat yang mengeluh dan menghendaki, agar ada trayek Angkot dari pusat Kota Sukabumi menuju Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi dan sebaliknya. Sebab warga masyarakat yang akan menuju Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi khususnya dari pusat Kota Sukabumi harus naik Angkot dua kali, sehingga selain memperlambat waktu tempuh juga ongkosnya relatif mahal. Namun apabila penggabungan dan perubahan ke 4 trayek Angkot tersebut sudah direalisasikan, warga masyarakat yang akan menuju Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi dan sebaliknya khususnya dari pusat Kota Sukabumi, akan lebih mudah dan hanya naik Angkot satu kali, serta dapat mempercepat waktu tempuh dan ongkosnya relatif murah.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga mengharapkan, apabila penggabungan dan perubahan ke 4 trayek Angkot tersebut sudah direalisasikan, dapat meningkatkan volume penumpang di Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, karena akses warga masyarakat khususnya dari pusat Kota Sukabumi untuk menuju terminal tersebut dan sebaliknya, lebih mudah dan ongkosnya relatif murah. Karena sejak dioperasikannya terminal tersebut tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2016 yang lalu, hingga saat ini masih belum optimal, sebab belum ada trayek Angkot yang menuju langsung terminal terminal tersebut, khususnya dari pusat Kota Sukabumi dan sebaliknya.

Leave a Reply