PELANTIKAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2018-2023

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. dan H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H. hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 gelombang pertama oleh Gubernur Jawa Barat, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. beserta 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat, tepatnya hari Kamis pagi, 20 September 2018, di Gedung Merdeka Bandung, Jalan Asia-Afrika Kota Bandung, berlangsung hidmat dan lancar serta aman dan tertib. Karena sebelumnya dilaksanakan acara gladi resik, tepatnya pada hari Rabu sore, 19 September 2018, serta diamankan oleh sebanyak 850 personil keamanan dari berbaga unsur.

Adapun ke 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat yang diambil sumpah dan dilantik pada gelombang pertama bersama pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, yakni Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi.

Pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi beserta 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat tersebut, diawali dengan kegiatan seremoni historical walk, yakni momen pada saat para kepala negara dari negara-negara Asia dan Afrika berjalan kaki dari Hotel Savoy Homan ke Gedung Merdeka Bandung, tepatnya pada saat mengikuti Konferensi Asia-Afrika pertama tahun 1955.

Kegiatan seremoni tersebut, diulangi oleh Gubernur Jawa Barat berserta pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat tersebut, tepatnya mulai pukul 08.45 WIB, untuk mengenang kegiatan historical walk yang dilakukan oleh para kepala negara dari negara-negara Asia dan Afrika pada saat mengikuti Konferensi Asia-Afrika pertama tahun 1955, di Gedung Merdeka Bandung. Selain itu, pelaksanaan seremoni tersebut, dimeriahkan oleh iring-iringan berbagai jenis kesenian ciri khas Jawa Barat.

Setelah pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan selesai, Gubernur Jawa Barat beserta pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat tersebut, langsung menuju Gedung Sate Bandung, sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan puncak rangkaian pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut, menggunakan 14 Delman Hias, yakni 2 delman digunakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta 12 delman digunakan oleh pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi beserta 5 pasangan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat tersebut. Sedangkan unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kewilayahan mengikuti dari belakang, menggunakan kendaraan Bandros.

Leave a Reply