PASANGAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SUKABUMI SUDAH MENYAMPAIKAN VISI DAN MISI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. dan H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H., sudah menyampaikan Visi dan Misi, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Sukabumi, serta Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang mewajibkan Kepada Daerah untuk menyusun Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang, Jangka Menengah dan Jangka Pendek, tepatnya tanggal 21 September 2018, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa RPJMD (Rencana Pembangunqan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomo 7 Tahun 2018. Namun dengan telah dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, RPJMD tersebut akan disinergikan dengan Visi dan Misi Pembangunan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, serta akan dituangkan dalam RPJMD tersebut, sekaligus menjadi marwah dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kota Sukabumi.

Adapun Visi Pembangunan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 ini, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Dijelaskan pula, Visi tersebut dijabarkan dan ditetapkan dalam 4 Misi Pembangunan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023. Antara lain, Mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif dan berbudaya serta memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi berbasis ketahanan keluarga; Mewujudkan tata ruang dan infrastruktur yang berkualitas dan berwawasan lingkungan; Mewujudkan ekonomi daerah yang maju pada sektor perdagangan, ekonomi kreatif dan pariwisata melalui prinsip kemitraan dengan dunia usaha, pendidikan dan daerah sekitar; serta Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance dan inovatif.

Lebih jauh dijelaskan, ke 4 Misi tersebut telah diselaraskan dengan tahapan RPJPD Kota Sukabumi, yakni berkembangnya usaha dan investasi dari perusahaan Indonesia di luar negeri, serta pertumbuhan ekonomi yang semakin berkualitas dan berkesinambungan dapat dicapai, sehingga pendapatan per kapita tahun 2025 mencapai kesejahteraan, setara dengan daerah berpendapatan menengah, dengan tingkat pengangguran dan jumlah penduduk miskin yang semakin rendah.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Asisten Pemerintahan, Hukum, HAM (Hak Asasi Manusia) dan Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Provinsi Jawa Barat, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK serta DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, para Sesepuh dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.

Leave a Reply