SEBANYAK 52 SANTRI DARI KOTA SUKABUMI SEDANG MENGIKUTI POSPEDA KE 8 TAHUN 2018 TINGKAT JAWA BARAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 52 orang santri termasuk manager, pelatih dan official dari Kota Sukabumi, saat ini sedang mengikuti Pospeda (Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah) Ke 8 Tahun 2018 Tingkat Jawa Barat, yang dilaksanakan selama 4 hari, tepatnya dari tanggal 24 sampai dengan 27 September 2018, di Kabupaten Kuningan. Sedangkan keberangkatan para santri dari Kota Sukabumi menuju Kabupaten Kuningan ini, dilepas secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi Kepala Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., tepatnya tanggal 23 September 2018, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, kegiatan Pospeda ini bukan semata-mata untuk mengejar prestasi belaka, akan tetapi juga sebagai salah satu upaya agar para santri kuat dan kokoh dalam sisi keagamaan, serta mumpuni dalam sisi kebugaran dan kesehatan. Karena kedua hal tersebut, tidak bisa dipisahkan dari kecerdasan otak dan kecerdasan lahiriah. Dijelaskan pula, semua pihak tentu sepakat, bahwa olahraga merupakan salah satu cara dan jalan untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang bermutu. Sebab dalam tubuh yang sehat akan berkembang jiwa yang sehat. Demikian pula kesenian, dapat membantu memelihara keseimbangan jiwa kearah yang lebih halus dan santun. Oleh karenanya, pengembangan olahraga dan kesenian di kalangan masyarakat termasuk di kalangan santri, merupakan bagian yang tidak kalah penting dari keseluruhan pembangunan bangsa, yakni untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, serta masyarakat yang sehat, baik jasmani maupun rokhani dan sosial.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga meminta kepada kontingen Pospeda Kota Sukabumi, agar senantiasa bahu membahu menjalin kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta semangat juang dan kemampuan secara optimal, disertai jiwa sportifitas yang tinggi, dalam mengikuti ajang Pospeda tersebut. Yang tidak kalah penting, kontingen Pospeda Kota Sukabumi ini, bisa meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Sukabumi, untuk menjaga citra dan membawa harum nama Kota Sukabumi khususnya dalam ajang Pospeda tersebut.

Sementara Kepala Disporapar Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si. menjelaskan, dalam kegiatan Pospeda ini, Kota Sukabumi hanya mengikuti 4 cabang olahraga, dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun ke 4 cabang olahraga yang diikuti oleh kontingen Kota Sukabumi dalam Pospeda ini, antara lain Bola Basket Putera dan Puteri, serta Bola Voli Puteri dan Silat.

Leave a Reply