BAZNAS KOTA SUKABUMI MENYALURKAN BANTUAN SATU UNIT MOBIL AMBULANCE KEPADA DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, menyalurkan bantuan satu unit mobil ambulance kepada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, untuk dimanfaatkan oleh warga masyarakat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 21 September 2018. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dan pendatanganan berita acara serah terima, oleh Ketua Baznas Kota Sukabumi. Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah., serta disaksikan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi mengatakan, bahwa dana zakat, infak dn  shodaqoh, Baznas Kota Sukabumi  telah bersinergi dengan program Pemerintah Kota Sukabumi, sehingga pemberdayaannya tidak hanya berupa santunan saja, akan tetapi juga bantuan biaya pendidikan, kesehatan, modal usaha dan kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk bantuan pembangunan sarana dan prasarana keagamaan, bantuan kepada panti asuhan serta bantuan rumah tidak layak huni. Dengan demikian, manfaatnya semakin luas dan menjangkau banyak pihak.

Dkatakan pula, zakat seyogyanya dikelola secara melembaga dan profesional, berdasarkan syariat islam dengan prinsip amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas, dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan zakat bagi umat. Disamping itu juga dikatakan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan program kerja Baznas, dalam mengemban tanggung jawab sosialnya, untuk menjadikan zakat, infaq dan shodaqoh sebagai instrumen penting pemerataan pendapatan warga masyarakat serta sarana dan prasarana yang menggembirakan dan memberi manfaat bagi anak yatim.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial kepada warga masyarakat, sebagai modal sosial terpenting dalam meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat. Diharapkan pula, Baznas Kota Sukabumi agar senantiasa meningkatkan kinerja dalam menggali dan memberdayakan potensi zakat, infaq dan shodaqoh secara kreatif dan produktif, serta meningkatkan pelayanan terhadap para muzakki dan mustahik, dalam menunaikan kewajiban zakatnya, dan terus mengasah kepekaan terhadap kondisi warga masyarakat kaum dhuafa, termasuk korban bencana alam.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi atas nama Kepala Daerah serta pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Sukabumi, yang telah meraih Baznas Award Tahun 2018 Tingkat Nasional, sekaligus dinobatkan sebagai Baznas terbaik di Indonesia dalam kategori pendayagunaan. Untuk itu, Baznas Kota Sukabumi ke depan agar terus berinovasi dan mempertahankan berbagai prestasi yang sudah diraih, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi akan terus mendukung keberadaan Baznas Kota Sukabumi, sebagai lembaga yang lebih transparan dalam menyalurkan seluruh amanah warga masyarakat. Diharapkannya, payung hukum terkait pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh, ke depan dapat direalisasikan di Kota Sukabumi.

Leave a Reply