PERAN DAN FUNGSI PNS DAN APARATUR ADALAH MELAYANI WARGA MASYARAKAT DENGAN BAIK

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H. menandaskan, peran dan fungsi PNS (Pegawai Negeri Siipil) dan aparatur adalah melayani warga masyarakat dengan baik. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta sekaligus menginstrusikan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat, dengan lebih awal datang ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)-nya masing-masing, sebelum warga masyarakat yang akan dilayani datang, jangan sampai warga masyarakat yang akan dilayaninya sudah datang, tapi pegawai yang akan melayaninya belum datang.

Penandasan dan permintaan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada saat meminpin apel pagi pegawai pertama di lingkungan Setda Kota Sukabumi serta Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi termasuk LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi, hari Selasa, 25 September 2018, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., para Asisten Setda Kota Sukabumi, Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, serta para Kepala Bagian di lingkungan Setda Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, masyarakat adalah raja, masyarakat adalah orang yang butuh sentuhan dan pelayanan dari PNS dan aparatur. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk bersama-sama meningkatkan peran dan fungsi selaku aparatur, yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat.

Selanjutnya ditandaskan, kehadiran pemerintah harus dapat dirasakan oleh warga masyarakat, serta dalam Al-Quran sangat jelas, bahwa tugas pemerintah yang pertama yakni harus mampu menghadirkan keimanan dan ketaqwaan yang baik. Oleh karenanya seluruh pegawai dan aparatur pemerintah harus mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang tinggi kepada Alloh SWT, sebab seluruh pegawai dan aparatur pemerintah harus menjadi figur yang baik. Untuk itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, akan memperkuat berbagai program keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing, karena dapat menghadirkan keberkahan. Kemudian yang kedua, peran dan fungsi pemerintah harus dapat memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan ketertiban kepada warga masyarakat, dan yang ketiga kehadiran pemerintah harus mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, jangan sampai ada warga masyarakat yang kelaparan atau mengalami masalah sosial kemasarakatan, karena peran dan fungsi pemerintah menyejahterakan warga masyarakat melalui pelayanan sekurang-kurangnya sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal).

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 yang lalu sudah selesai serta berjalan dengan lancar dan aman. Adapun yang menjadi pemenang dalam Pilkada tersebut di Kota Sukabumi yakni Pangan Faham (Fahmi dan Andri Hamami), dengan memperoleh suara sebanyak 52 persen. Namun dengan kemenangan tersebut, tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi akan semakin berat. Karena mayoritas warga masyarakat Kota Sukabumi memberikan kepercayaan dan amanah kepada Pasangan Faham.

Untuk itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi  selama 5 tahun ke depan akan memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk keamanan dan kenyamanan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, serta perubahan dan akselerasi di berbagai bidang, sesuai dengan aspirasi warga masyarakat. Sekaitan dengan hal tersebut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi meminta dukungan dan bantuan serta loyalitas kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya mencapai dan mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply