KEPALA DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA BAZNAS KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah., mengucapkan terima kasih kepada Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, yang telah menghibahkan satu unit mobil ambulance kepada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 21 September 2018, serta disaksikan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. Dikatakannya, mobil ambulance tersebut statusnya milik Baznas Kota Sukabumi, dan menurut rencananya akan disimpan di Rumah Sakit  Al Mulk Kota Sukabumi, serta tidak ada tarif sewa alias gratis.

Sementara Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, mobil ambulance ini untuk digunakan oleh masyarakat Kota Sukabumi, terutama yang tidak mampu. Dijelaskan pula, penyerahan hibah mobil ambulance ini, merupakan bagian dari pendayagunaan ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) yang disalurkan melalui Baznas. Selain itu, Baznas Kota Sukabumi ingin lebih transparan kepada masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam pendayagunaan ZIS yang disalurkan melalui Baznas. Diharapkannya, mobil ambulance ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Sukabumi terutama yang tidak mampu.

Lebih jauh Ketua Baznas Kota Sukabumi menjelaskan, sumber pendapatan ZIS yang diterima oleh Baznas Kota Sukabumi, baru sebagian dari PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara)/ serta perorangan, lembaga dan perusahaan, yang sudah mempercayakan dan menyalurkannya kepada Baznas. Disamping itu juga dijelaskan, pendapatan ZIS yang diterima oleh Baznas Kota Sukabumi ini belum maksimal. Untuk itu, Baznas Kota Sukabumi akan terus berupaya secara optimal melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi. Sebab dengan tingginya pendapatan ZIS yang diterima oleh Baznas, pemanfaatan dan pendayagunaannya akan lebih tinggi lagi.

Selanjutnya Ketua Baznas Kota Sukabumi memohon kepada Pemerintah Kota Sukabumi, agar dapat mendorong dan membantu penyusunan Peraturan Daerah Kota Sukabumi, yang mengatur ASN wajib membayar dan menyalurkan zakat, serta masyarakat di luar ASN bisa membayar dan menyalurkan zakat melalui Baznas, untuk memaksimalkan pendapatan zakat, sehingga pendayagunaannya bisa menjangkau lebih luas dan lebih banyak kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Baznas Kota Sukabumi juga menyerahkan bantuan kepada 2.000 anak yatim piatu se Kota Sukabumi, dalam rangka menyemarakkan 10 Muharam 1440 Hijriyah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi oleh Ketua Baznas Kota Sukabumi dan Pengurus DKM Masjid Agung Kota Sukabumi.

Leave a Reply