WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA SOSIALISASI REVITALISASI POSYANDU TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H., pada hari Kamis, 27 September 2018, bertempat di Gedung Juang Kota Sukabumi, membuka secara resmi Sosialisasi Revitalisasi Posyandu Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan itu, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi,  Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Camat, perwakilan dari Bank BJB Cabang Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Wali Kota Sukabumi menandaskan, pembangunan tidak akan berhasil apabila tidak dibantu oleh berbagai elemen masyarakat, salah satunya adalah RW dan Posyandu. Oleh  karenanya perlu ada Revitalisasi Posyandu atau dalam kontek lain moderenisasi Posyandu, sebab dalam perjalananya sering kali belum terjalin komunikasi yang harmonis antara Perangkat RW dan Kader Posyandu. Untuk itu, ke depannya Posyandu menjadi bagian dari penyelenggaraan pembangunan berbasis kemasyarakatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada berbagai elemen masyarakat, agar bersama-sama mendukung sekaligus meningkatkan kesolidan bekerja antara RW dan Posyandu, sesuai dengan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Regilius, Nyaman dan Sejahtera. Diharapkannya, dengan hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi, serta dapat mewujudkan dan meningkatkan kolaborasi yang indah dengan serluruh elemen masyasrakat, khususnya dalam menata dan membangun Kota Sukabumi di berbagai bidang.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, dalam menata dan membangun Kota Sukabumi tidak mudah. Tapi apabila dilaksanakan dengan kebersamaan akan menjadi indah dan mudah. Dikatakan pula, Posyandu bukan hanya menangani masalah kesehatan saja, tapi juga masalah pendidikan dan pembangunan ekonomi. Untuk itu, apabila Posyandu ini dihidupkan dan ditingkatkan secara optimal, secara tidak langsung dapat meningkatkan pembangunan di bebagai bidang, khususnya di tingkat RW.

Sementara PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialiasi ini, diantaranya untuk meningkatnya fungsi dan kinerja Posyandu, supaya dapat memenuhi kebutuhan dan menumbuhkembangkan anak sejak dalam kandungan, agar status gizi dan derajat kesehatan ibu dan anak dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas kemampuan dan keterampilan Kader Posyandu, meningkatkan pengelolaan dan pelayanan Posyandu, meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat untuk keseimbangan kegiatan Posyandu, serta meningkatkan fungsi pendampingan dan kapasitas pembinaan Posyandu.

Sedangkan sosialisasi ini diikuti oleh 433 orang, yang terdiri dari 33 orang Lurah, 350 orang RW serta 50 orang Petugas Layanan KB dan Pendamping Posyandu. Dikatannya, berdasarkan hasil evaluasi Pokjanal Posyandu Tingkat  Kota Sukabumi, diketahui bahwa keberadaan Posyandu belum dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, akibat dari kurangnya cakupan program.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi memberikan perhargaan kepada juara Lomba Posyandu Tingkat Kota Sukabumi, yakni juara 1 Posyandu Aster Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, juara 2 Posyandu Nakula Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong, dan juara 3 Posyandu Harapan 7 Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh, serta kepada juara Lomba Kelurahan Tingkat Kota, antara lain juara 1 Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu, juara 2 Kelurahan Jayamekar Kecamatan Baros, dan juara 3 Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga memberikan penghargaan kepada Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu, sebagai juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply