TANTANGAN KESEHATAN SAAT INI DIANTARANYA MASIH TINGGINYA PENYAKIT INFEKSI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H. menandaskan, tantangan kesehatan saat ini, diantaranya masih tingginya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular, serta munculnya kembali penyakit yang seharusnya sudah teratasi dan tingginya kasus stunting atau kerdil di Indonesia, serta hal ini menjadi salah satu ancaman bagi produktivitas bangsa Indonesia.

Penandasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimtek Pengembangan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) dalam Peningkatan Kelurahan Siaga Aktif Strata Mandiri di Kota Sukabumi Tahun 2018, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 27 September 2018, di Hutel Horison Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah. dan para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya, para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan linnya.

Adapun upaya untuk mengantisipasi dan mencegah penyakit tersebut, sangat tergantung pada perilaku hidup individu masyarakat, yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersedian sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi untuk hidup sehat. Selain itu, juga sangat diperlukan adanya keterlibatan dan peran aktif dari seluruh komponen, baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat.

Dijelaskannya, untuk mendorong terciptanya dan terwujudnya hal tersebut, sudah diterbitkan Inpres (Instruksi Presiden) RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), yang dijadikan panduan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota serta lintas sektoral terkait, dalam mendorong dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat untuk senantiasa berperilaku hidup sehat.

Disamping itu, juga sudah diterbitkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 39 Tahun 2016 tentang PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga), yang bermuara pada terwujudnya dan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya, serta mandiri dan berkeadilan.

Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada semua pihak, baik pemerintah maupun swasta dan masyasrakat, agar bersama-sama berupaya optimal mewujudkan sekaligus meningkatkan Germas dan PIS-PK. Maksud dan tujuannya, supaya masyarakat dapat berprilaku hidup sehat, yang dapat berdampak pada terjaganya kesehatan dan lebih produktif, lingkungan yang lebih bersih dan sehat, serta berkurangnya biaya untuk berobat.

Leave a Reply