KECAMATAN GUNUNG PUYUH MENYELENGGARAKAN GEBYAR KEMERDEKAAN DAN TABLIGH AKBAR TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi, menyelenggarakan Gebyar Kemerdekaan dan Tabligh Akbar Tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung tanggal 30 September 2018, di Halaman Apel Kecamatan Gunung Puyuh ini, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman, S.H., Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi. Drs. H. Andri Setiawan, M.M., Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., Camat Gunung Puyuh, Fajar Rajasa, S.STP., M.Si., para Lurah se Kecamatan Gunung Puyuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Wanita, serta para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., dalam sambutanya mengatakan, bahwa Kecamatan Gunung Puyuh memang mantap. Karena bisa melaksanakan berbagai kegiatan, yang di mulai dari gerak jalan santai dan kegiatan lainnya serta tablig akhbar. Dijelaskannya, kegiatan ini sangat posisitif dan besar manfaatnya, yakni selain sebagai ajang silaturahim juga dalam rangka mempererat dan memperkokoh persaudaraan antara masyarakat dengan aparat Pemerintah Kota Sukabumi khususnya dengan aparat Kecamatan Gunung Puyuh. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga meresmikan Posbindu PTM Bahtera Kecamatan Gunung Puyuh, yang merupakan salah satu program Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati menjelaskan, Posbindu PTM Bahtera ini merupakan Pos Bimbingan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Adapun jumlah Posbindu PTM di Kota Sukabumi saat ini baru berjumlah 32 Posbindu, Posbindu Lansia 204 Posbindu, dan Posyandu berjumlah 453 Posyandu.

Dijelaskan pula, Posbindu PTM ini merupakan program Dinas Kesehatan, yang dilatar belakangi oleh adanya transisi epidemiologi penyakit menular dan penyakit yang tidak menular, yakni angka kesakitanya penyakit yang tidak menular semakin hari semakin meningkat dan penyebab kematiaan yang paling banyak didominasi oleh penyakit yang tidak menular, yakni penyakit struk, penyakit jangtung koroner komplikasi dengan penyakit diabetes mellitus. Selain itu juga dijelaskan, Kecamatan Gunung Puyuh merupakan pionir Posbindu PTM ditatanan tempat kerja di Kota Sukabumi. Sedangkan pemeriksaannya dilaksanakan setiap bulan sekali, yakni pemeriksaan cek darah, cek gula, cek kolestrol dan lain lain.

Sementara Camat Gunung Puyuh, Fajar Rajasa, S.STP., M.Si. mengatakan, kegiatan Gebyar Kemerdekaan dan Tabligh Akbar ini merupakan agenda rutin tahunan Kecamatan Gunung Puyuh, sebagai salah satu media untuk masyarakat yang ingin menunjukkan kreasi dan seninya. Dikatakan pula, kegiatan Gebyar Kemerdekaan dan Tabligh Akbar ini, dimulai dengan peresmian Posbindu PTM, gerak jalan sehat, lomba marawis, pasang giri seni dan tabligh akbar, dengan penceramah K.H. Ustad Asep Sulaeman Assadhiqiyyah, S.Ag.

Leave a Reply