KENDALA UMUM DALAM MENGELOLA UMKM ADALAH SDM

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kendala umum dalam mengelola UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), adalah SDM (Sumber Daya Manusia), permodalan dan pemasaran, serta sarana dan prasarana. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Dukungan Informasi Penyediaan Permodalan Program Pengembangan Sistem Pendukung Usaha bagi UMKM di Kota Sukabumi Tahun 2018, tepatnya tanggal 27 September 2018, di Hotel Maxone Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dlaksanakannya sosialisasi ini, dapat meningkatkan dan mengembangkan jaringan kerja sama usaha bagi para pelaku ekonomi UMKM di Kota Sukabumi, dengan senantiasa memerhatikan prinsip-prinsip saling menguntungkan dan saling memerlukan, serta saling menguatkan posisi dan kedudukannya masing-masing. Dikatakannya, UMKM merupakan salah satu kartu pengaman ketika terjadi krisis ekonomi, serta menjadi salah satu indikator penggerakkan ekonomi di Indonesia. Selain itu, UMKM juga sifatnya sederhana, karena produksinya merupakan produksi rumahan.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan kepada para pelaku ekonomi UMKM di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan kualitas produk termasuk desain dan kemasannya, supaya memiliki nilai jual yang tinggi, serta dalam melakukan pemasarannya tidak hanya dilakukan secara konvensional atau bersifat kebiasaan saja, akan tetapi juga dapat dilakukan secara online, supaya jangkuannya lebih jauh dan lebih luas lagi.

Pada bagian lain sambutannya, Wali Kota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal mendorong sekaligus meningkatkan dan mengembangkan UMKM di Kota Sukabumi, diantaranya melalui pelatihan serta memfasilitasi kegiatan pameran dan bazar secara rutin. Maksud dan tujuannya, supaya para pelaku ekonomi UMKM di Kota Sukabumi, dapat meningkatkan dan mengembangkan produknya masing-masing, serta dapat lebih dikenal dan disukai oleh warga masyarakat, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi.

Sebab dengan hal tersebut, pendapatan dan kesejahteraan para pelaku ekonomi UMKM di Kota Sukabumi dapat meningkat, sesuai dengan harapan semua pihak. Selain itu, juga sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply