SELURUH GURU HONORER K2 DI KOTA SUKABUMI SUDAH MENDAPAT SURAT PENUGASAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, seluruh Guru Honorer K2 (Kategori Dua) dari mulai SD sampai dengan SMP termasuk seluruh Guru dan Staf Tata Usaha serta Pegawai TKS (Tenaga Kerja Sukarela) lainnya di Kota Sukabumi yang sudah mengabdi di atas 10 tahun, sudah mendapat Surat Penugasan sebagai THL (Tenaga Harian Lepas) dari Pemerintah Kota Sukabumi.

Sedangkan untuk Guru Honorer dan Staf Tata Usaha serta Pegawai TKS lainnya yang masa pengabdiannya di atas 5 tahun, pihak Pemerintah Kota Sukabumi masih menginventarisir dan menghitung kemampuan anggaran Pemerintah Kota Sukabumi, sebab jumlahnya cukup banyak. Ditandaskan pula, apabila anggarannya mencukupi, para Guru Honorer dan Staf Tata Usaha serta Pegawai TKS lainnya yang masa pengabdiannya di atas 5 tahun bisa diberikan Surat Penugasan.

Lebih jauh ditandaskan, masalah Guru Honorer dan Staf Tata Usaha serta Pegawai TKS lainnya ini, menjadi salah satu prioritas bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, serta akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, termasuk pada jenjang SMA dan SMK, karena kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diharapkannya, Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bisa mengambil keputusan terkait masalah ini, serta hal tersebut sudah dilaporkan kepada Gubernur Jawa Barat, tepatnya pada saat pengambilan sumpah dan pelantikan 6 Pasangan Kepala Daerah se Jawa Barat, termasuk Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Bandung. Selain itu, pihak Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan para Guru Honorer dan Staf Tata Usaha serta Pegawai TKS lainnya di Kota Sukabumi, untuk membahas masalah tersebut.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2018, Surat Penugasan Guru Honorer ini berlaku untuk persyaratan PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan Sertifikasi. Dengan demikian, Surat Penugasan terhadap Guru Honorer ini sangat diperlukan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta keberlangsungan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah.

Disamping itu, juga sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply