SEGENAP LAPISAN MASYARAKAT AGAR WASPADA TERHADAP KEMUNGKINAN TERJADINYA TINDAK KRIMINALITAS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat di wilayah hukum Pores Sukabumi Kota, agar senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas di wilayahnya masing-masing. Disamping itu, Kapolres Sukabumi Kota juga menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, apabila menjumpai atau mendapati ada orang yang mencurigakan, agar segera dilaporkasn kepada aparat kepolisian terdekat, untuk ditindak-lanjuti dan ditangani secara optimal oleh aparat kepolisian.

Maksud dan tujuannya, dalam rangka upaya mewujudkan Kota Sukabumi yang nyaman, sesuai dengan program Wali Kota dan Wali Kota Sukabumi. Himbauan Kapolres Sukabumi Kota tersebut, disampaikan saat melakukan konferensi pers, hari Kamis, 4 Oktober 2018, bertempat di depan Tugu Bank Mandiri Kota Sukabumi.

Untuk itu, jajaran Polres Sukabumi Kota akan senantiasa berupaya optimal dan bekerja keras, untuk mengungkap berbagai kasus kejahatan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, khususnya yang dapat meresahkan masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya, sekaligus memproses berbagai perkara pencurian dan pencurian dengan kekerasan.

Diungkapkannya, dalam waktu 3 minggu, Polres Sukabumi Kota telah berhasil menangkap sebanyak 10 tersangka dengan 28 TKP (Tempat Kejadian Perkara) di wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota. Sedangkan modus yang dilakukan oleh para tersangka, yakni pencurian kekerasan dengan menodongkan senjata tajam, mencekik dan mendorong korban, serta mengambil kendaraan korban. Selain itu, juga pencurian toko dengan merusak ventilasi dan mengambil barang. Sementara pencurian kendaraan bermotor, para pelaku menggunkan kunci T.

Adapun barang bukti yang berhasil disita dari para tersangka, antara lain 2 unit kendaraan roda empat,  16 unit kendaraan roda dua, 5 mata kunci T,  2 buah leter T, 1 buah linggis, 1 buah gunting, 1 buku BPKB, 1 kunci kontak, 2 buah kabel soket, 441 slop rokok berbagai merek, 1 buah dus book HP, 1 lembar faktur penjualan HP, 5 potong celana dan baju. Sedangkan ancaman hukuman bagi para pelaku, sesuai dengan Pasal 363 KUHP Pencurian dan Pemberatan, dengan hukuman 7 tahun penjara, serta Pasal 365 KUHP Pencurian dan Kekerasan, dengan hukuman 7 tahun penjara.

Leave a Reply