TNI BERSAMA BERBAGAI KOMPONEN BANGSA TELAH BEKERJA BAHU-MEMBAHU

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjano, TNI bersama berbagai komponen bangsa telah bekerja bahu-membahu dan berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita oleh bangsa. Selain itu, TNI juga telah mengerahkan personil dan Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata)-nya, memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasaran secara bertahap. Penandasan Panglima TNI tersebut, disampaikan Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos. selaku Inspektur Upacara, saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan HUT  (Hari Ulang Tahun) Ke 73 TNI Tahun 2018, tepatnya tanggal 5 Oktober 2018, di Lapangan Makodim (Markas Kodim) 0607 Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, adir HWali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, jajaran Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0607 Kota Sukabumi, para Pejuang, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Wanita dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, Peringatan HUT Ke 73 TNI Tahun 2018 ini, mengambil tema, Profesionalisme TNI Untuk Rakyat. Tema ini mengandung makna, bahwa profesionalisme TNI senantiasa ditingkatkan, melalui berbagai Pendidikan dan Pelatihan Persenjataan Alutsista, termasuk pemenuhan kesejahteraanya oleh negara. Disamping itu juga ditandaskan, sebagai Alat Negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tangtangan saat ini dan pada masa mendatang yang semakin kompleks, serta harus menghadapi gejolak alam yang terjadi pada akhir-akhir ini.

Diungkapkannya, pada tahun 2018 ini, TNI telah terlibat dalam penangulangan bencana di berbagai daerah, seperti KLB (Kejadian Luar Biasa) Gizi Buruk di Asmat, Letusan Gunung Agung di Bali, Kebakaran Hutan di Kalimantan dan Sumatra, serta Gempa Bumi di Lombok dan di Palu. Diungkapkan pula, tugas TNI, selain perang juga harus terlibat dalam pengamanan Pemilu (Pemilihan Umum). Selain itu, TNI juga berkomitmen untuk netral dalam pelaksanaan Pemilu, bertekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Untuk itu, Panglima TNI menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI dimanapun berada, agar senantiasa memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempertahankan dan meningkatkan soliditas TNI, meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, menjaga dan memantapkan netralitas TNI, serta menjalankan tugas dengan baik dengan penuh keikhlasan.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran Polres Sukabumi Kota dibawah komando langsung Kapolres Sukabumi Kota dan Wakapolres Sukabumi Kota, memberikan suprise dengan memainkan drum band bersama para Kapolsek dan Perwira di jajaran Polres Sukabumi Kota, dilanjutkan arak-arakan menggunakan Mobil Water Canon bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Leave a Reply