PEMKOT SUKABUMI AKAN MENGANGGARKAN DANA DARI APBD UNTUK MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menandaskan, Pemkot (Pemerintah Kota) Sukabumi akan menganggarkan dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), untuk meningkatkan dan mengembangkan kewirausahaan masyarakat Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya kewirausahaan masyarakat Kota Sukabumi bisa meningkat dan berkembang. Penandasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Keterampilan Perhotelan dan Menjahit Tahun 2018, yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, di BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 9 Oktober 2018.

Pada bagian lain sambutannya, Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya Diklat Keterampilan Perhotelan dan Menjahit ini, karena dapat meningkatkan dan mengembangkan kewirausahaan masyarakat Kota Sukabumi. Diharapkannya, para peserta Diklat ini, ke depan dapat manjadi para pekerja yang profesional, serta tidak menjadi pencari kerja tapi dapat menciptakan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Kota Sukabumi, sehingga dapat menekan dan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Sukabumi.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, angka pengangguran di Kota Sukabumi, dari tahun ke tahunnya senantiasa mengalami penurunan, sehingga tingkat pengangguran di Kota Sukabumi paling rendah. Sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap menurunnya tingkat pengangguran di Kota Sukabumi ini, diantaranya semakin meningkat dan berkembannya kewirausahaan masyarakat di Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si. menjelaskan, peserta yang mengikuti Diklat Keterampilan Perhotelan dan Menjahit ini, seluruhnya berjumlah 40 orang, terdiri dari 30 orang peserta Diklat Keterampilan Perhotelan dan 10 orang peserta Diklat Keterampilan Menjahit. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Diklat ini, sebagai salah satu upaya untuk memberikan keterampilan atau skil kepada para peserta dan pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi, supaya bisa hidup mandiri. Dikatakannya, ke 40 orang peserta Diklat ini, merupakan hasil seleksi dari 150 orang calon peserta Diklat ini. Selain itu juga dikatakan, ke 40 orang peserta Diklat ini, akan disalurkan kepada perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Sukabumi, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi.

Leave a Reply