UP2K MERUPAKAN SALAH SATU KEGIATAN YANG STRATEGIS

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi menandaskan, UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga)  merupakan salah satu kegiatan yang strategis, khususnya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga, untuk mewujudkan dan mendorong ekonomi yang berpihak kepada rakyat melalui ekonomi kerakyatan, pemerataan kesejahteraan dan kesempatan berusaha. Penandasan Ketua TP PKK Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberikan materi pada kegiatan optimalisasi dan pembinaan terhadap kelompok UP2K Kelurahan, tepatnya tanggal 16 Oktober 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Diharapkannya, melalui optimalisasi dan pembinaan terhadap kelompok UP2K Kelurahan ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman dan motivasi bagi ibu-ibu, untuk terus meningkatkan kegiatan berusaha, baik secara perorangan maupun kelompok. Maksud dan tujuannya supaya lebih meningkat dan berkembang, serta dapat meningkatkan dan mengembangkan lapangan usaha, yang didukung oleh potensi dan kesediaan bahan baku serta teknologi lokal. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan seluruh anggota kelompok UP2K dapat terus meningkat dan berkembang.

Selain itu juga dapat memperkuat kelompok-kelompok UP2K dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga, tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha perorangan atau kelompok UP2K, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Selanjutnya dapat meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga, meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk membina kelompok usaha ekonomi keluarga, serta menumbuhkan kelompok-kelompok usaha ekonomi masyarakat dan pra koperasi dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Selain itu, Ketua TP PKK Kota Sukabumi menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberlangsungan usaha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh seluruh anggota kelompok UP2K. Diantaranya produk yang dihasilkan harus dapat diminati oleh masyarakat, mudah dipasarkan, usaha yang berkelanjutan dan cepat menghasilkan, bahan baku yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar, serta kualitas dan kemasannya harus bagus dan menarik.

Leave a Reply