FGD RPJMD KOTA SUKABUMI TAHUN 2018-2013

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

FGD (Focus Group Discussion) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018-2013, merupakan wahana dalam merumuskan dan penyusunan rancangan awal RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi FGD RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2013, tepatnya tanggal 17 Oktober 2018, di Hotel Maxone Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya FGD RPJMD Kota Sukabumi ini, dalam rangka upaya menyamakan persepsi seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), terkait visi dan misi serta berbagai program yang akan dilaksanakan. Untuk itu, dalam melakukan perumusan dan penyusunan rancangan RPJMD Kota Sukabumi ini, dapat menciptakan Dokumen RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2013, sesuai dengan kesepahaman seluruh SKPD, serta harus sesuai dengan pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan.

Sebab RPJMD Kota Sukabumi ini, merupakan penjabaran dari visi dan misi serta program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi selama 5 tahun ke depan, dengan berpedoman pada RPJMD dan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kota Sukabumi, serta memperhatikan RPJMD Provinsi Jawa Barat dan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

Dikatakannya, Dokumen RPJMD merupakan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang sangat penting, serta mutlak harus ada dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebagai salah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang telah beberapa kali diubah dan yang terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Dikatakan pula, RPJMD menjadi pedoman bagi seluruh SKPD, khususnya dalam melakukan penyusunan Renstra (Rencana Strategi) SKPD, sekaligus sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah). Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh SKPD harus memahami RPJMD, untuk menyelaraskan seluruh program kerja SKPD dengan RPJMD.

Leave a Reply