TEMU KARYA NASIONAL GELAR TTG KE 20 DAN PINDESKEL TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Temu Karya Nasional Gelar TTG (Teknologi Tepat Guna) Ke 20 dan PINDesKel (Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan) Tahun 2018, berlangsung di komplek GWK (Garuda Wisnu Kencana) Cultural Park, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, serta dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, tepatnya tanggal 19 Oktober 2018. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Ditjen (Direktorat Jenderal) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi). Maksud dan tujuannya, untuk mencari kreator dan inovator dari daerah dalam pengembangan teknologi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Sekretaris Negara, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, S.H., Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, BSEE., M.BA., Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M., serta para Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD dari berbagai daerah se Indonesia. Sedangkan para pejabat yang hadir dari Kota Sukabumi pada kesempatan tersebut, antara lain Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., Kepala Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., dan para pejabat lainnya.

Presiden RI dalam sambutannya menjelaskan, dirinya berandai-andai, apabila para astronot bercerita, bahwa bulan itu ternyata berbukit-bukit, sementara masyarakat umum mengatakan, bahwa bulan itu indah, mulus dan sebagainya. Hal tersebut sama halnya dengan managemen pemerintah, yakni perlu dilihat dari jarak jauh dan perlu dilihat dari jarak dekat. Karena riil itu adalah inti dari persoalan yang perlu dilakukan oleh semua pihak. Sebab persoalan kecil pun terkadang dapat menghentikan persoalan yang besar. Hal tersebut terjadi, karena sebagian masyarakat kemungkinan kurang peka dan mendapat laporan yang tidak sesuai.

Sementara Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih, karena mendapat beberapa arahan dari Presiden RI, mulai dari penggunaan teknologi, efisiensi dan efektivitas laporan, serta menjadi bekal bagi semua pihak sekaligus dilaksanakan, khususnya di Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Kota Sukabumi memiliki TTG yang dipamerkan di stand Provinsi Jawa Barat, yakni Alat Pemotongan Sapi karya Mahasiswa Politeknik Sukabumi yang berhasil meraih gelar juara 3 Lomba TTG Tingkat Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, untuk tahun depan, setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kota Sukabumi harus mempunyai inovasi terbaru TTG, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Sukabumi dan menjadi sebuah prestasi yang dapat membanggakan semua pihak, serta dapat membawa harum nama Kota Sukabumi.

Leave a Reply