PENCAK SILAT BISA TETAP MENJADI BUDAYA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. mengharapkan, Pencak Silat bisa tetap menjadi budaya serta dapat terus dijaga dan dilestarikan, khususnya di Kota Sukabumi. Harapan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka Dandim 0607 Kota Sukabumi Cup 1 Tahun 2018, tepatnya tanggal 20 Oktber 2018, di Markas Kodim 0607 Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Wakil Ketua IPSI Jawa Barat, Presiden Federasi Pencak Silat Malaysia dan para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, budaya lokal daerah semakin tersisihkan oleh kemajuan zaman. Selain itu, juga masuknya berbagai budaya asing turut menyudutkan budaya warisan para leluhur tanah air ini. Hal tersebut harus disikapi secara serius oleh seluruh elemen masyarakat, dengan membentuk sebuah kebijakan yang pro terhadap seni budaya asli daerah. Adapun salah satu seni budaya asli daerah yang perlu dijaga dan dilestarikan, yakni seni budaya dan olahraga beladiri Pencak Silat.

Dijelaskan pula, Sukabumi merupakan gudangnya Pendekar Pencak Silat. Berkaitan dengan hal tersebut, upaya pelestariannya perlu dikawal, karena banyak filosofi dari seni budaya dan olahraga beladiri Pencak Silat yang bisa diambil. Lebih jauh dijelaskan, disamping bisa menjaga dan membela diri, juga diajarkan cara menumbuhkan karakter nasional kebangsaan, termasuk upaya dalam melestarikannya. Apalagi dalam perhelatan akbar Asian Games Tahun 2018, Pencak Silat menjadi Cabor (Cabang Olahraga) yang paling banyak menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia.

Dalam pada itu, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos. menandaskan, seni dan olahraga beladiri Pencak Silat merupakan warisan leluhur, yang harus ditumbuhkembangkan dan dijaga kelestariannya. Sebab seni dan olahraga beladiri asli Indonesia ini, sudah mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia ke berbagai pelosok dan penjuru dunia.

Ditandaskan pula, bagi TNI, pelestarian Pencak Silat merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial, khususnya dalam aspek seni dan olahraga beladiri. Disamping itu, juga untuk menjaga kearifan lokal dan merupakan salah satu bentuk ketahanan nasional. Diharapkannya, Kota Sukabumi dapat menjadi barometer pertumbuhan dan perkembangan Pencak Silat di Tingkat Nasional dan Internasional. Selain itu juga diharapkan, melalui Festival Pencak Silat ini, dapat melahirkan bibit-bibit unggul para pesilat, yang dapat bersaring dan menjadi duta Indonesia.

Leave a Reply