WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA PAMERAN SENI RUPA MURNI KE 3 TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, secara resmi membuka Pameran Seni Rupa Murni Ke 3 Tahun 2018, tepatnya tanggal 22 Oktober 2018, di Gedung Kesenian Aher (Ahmad Heryawan) Kota Sukabumi, yang dilaksanakan secara rutin oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, serta didukung oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), para seniman dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, kegiatan Pameran Seni Rupa Murni ini dapat memberikan manfaat secara langsung kepada para pelaku seni rupa dan para apresiator seni, serta dapat menumbuhkembangkan ekonomi kreatif yang berbasis masyarakat dari sektor seni budaya. Dijelaskannya, kegiatan Pameran Seni Rupa Murni ini, merupakan bagian dari penjabaran misi 1 Wali Kota dan Wali Kota Sukabumi pada bagian Sukabumi Youth Movement, yakni wirausaha, kesetiakawanan sosial, keagamaan, kesehatan, seni budaya dan ekonomi kreatif. Selain itu, juga sebagai salah satu upaya pengembangan kebudayaan dan pariwisata di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, kekayaan dan keberadaan seni dan budaya kearifan lokal mulai terkikis oleh seni dan budaya asing, serta mulai ditinggalkan oleh generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, seni dan budaya kearifan lokal perlu dilestarikan dan dikembangkan, melalui berbagai ajang dan kreatifitas. Maksud dan tujuannya, supaya seni dan budaya kearifan lokal tidak mengalami kepunahan. Berkaitan dengan hal tersebut, para pelaku seni dan budaya kearifan lokal harus diberi kesempatan untuk berkreasi, serta dapat menampilkan seni dan budaya yang ditekuni dan dilakukannya masing-masing.

Disamping itu, Walikota Sukabumi juga mengharapkan, kegiatan Pameran Seni Rupa Murni ini, dapat dijadikan momentum yang baik, sekaligus dapat dijadikan pemicu semangat semua pihak, khususnya dalam upaya melestarikan, memajukan dan mengembangkan seni dan budaya kearifan lokal di Kota Sukabumi. Dengan demikian, seni dan budaya kearifan lokal tidak kalah bersaing dengan seni dan budaya asing. Sebab keberadaan seni dan budaya kearifan lokal ini sangat banyak manfaatnya, yakni selain dapat menjadi perekat bangsa, juga dapat memperhalus sekaligus meningkatkan kualitas karakter dan budi pekerti suatu bangsa.

Leave a Reply