MTQ UNTUK MENINGKATKAN SYIAR KEAGAMAAN DAN KEISLAMAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, maksud dan tujuan dilaksanakannya MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran), yakni selain untuk meningkatkan dan menyemarakkan syiar keagamaan dan keislaman, juga untuk memperkokoh dan meningkatkan silaturahmi antara umat Islam, serta untuk meningkatkan ketaatan kepada Yang Maha Kuasa, termasuk untuk meningkatkan pemahaman terhadap Al-Quran. Penjelasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Lembursitu Tahun 2018, di Halaman Kantor Kecamaan Lembursitu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2018, dengan mengambil tema, Melalui MTQ Tingkat Kecamatan Lembursitu Tahun 2018, Kita Bentuk Generasi Qurani, Dalam Rangka Menciptakan Masyarakat Yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Pada bagian lain sambutannya, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, MTQ yang dilaksanakan secara berkala selama ini, telah memberikan arti yang sangat besar bagi syiar agama Islam. Disamping itu, dari tahun ke tahunnya, pelaksanaan MTQ ini semakin berkembang dan semarak. Hal tersebut patut disyukuri oleh semua pihak, khususnya oleh seluruh umat Islam. Namun demikian, semua pihak tidak boleh berhenti pada kesemarakan syiar agama Islam saja, tapi harus berusaha menjadikan MTQ ini sebagai wahana dan sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama pada diri setiap umat Islam masing-masing.

Pelaksanaan MTQ tersebut, dibuka secara resmi oleh Camat Lembursitu, Hj. Nur’aeni Komarudin, S.IP., M.Si., ditandai dengan Pemukulan Bedug, serta Pelantikan Dewan Hakim oleh Camat Lembursitu, dan Penyerahan Trophy Juara Umum untuk diperebutkan oleh para peserta. Hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Kepala Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, serta Tim Pemantau MTQ Tingkat Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Lembursitu, Hj. Nur’aeni Komarudin, S.IP., M.Si. mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya MTQ ini, diantaranya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan seni baca Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, menggali dan mengembangkan potensi masyarakat yang memiliki bakat di bidang seni baca Al-Quran, menjalin rasa ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyyah, serta memperkokoh dan meningkatkan persaudaraan sesama umat Islam. Selain itu, juga sebagai salah satu upaya menyiarkan agama Islam, melalui pendekatan dakwah bil hal dan bil maqol, serta menyiapkan calon kafilah MTQ Kecamaan Lembursitu, untuk mengikuti MTQ Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018.

Leave a Reply