POSISI KECAMATAN BERKEDUDUKAN SEBAGAI PERANGKAT DAERAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, dalam sistem penyelenggaraan Pemerintah Daerah, posisi kecamatan berkedudukan sebagai perangkat daerah, sekaligus penyelenggara urusan pemerintahan umum. Untuk itu, camat memiliki tugas melaksanakan sebagian kewenangan wali kota yang dilimpahkan, yang tujuannya untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mengoptimalkan pelayanan publik di kecamatan.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, tepatnya tanggal 23 Oktober 2018, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Selain itu juga ditandaskan, sebagai perangkat daerah yang berhadapan langsung dengan masyarakat, camat secara berjenjang melaksanakan tugas pemerintah pusat di wilayah kecamatannya masing-masing.

Ditandaskan pula, seiring dengan perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa kelurahan yang semula sebagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)  Mandiri, menjadi Perangkat Kecamatan yang bertanggungjawab kepada Camat. Lebih jauh ditandaskan, kendati secara kelembagaan seperti mengalami pengecilan, tapi memiliki tanggungjawab yang lebih besar, serta diatur juga pengalokasian anggaran untuk kelurahan sebesar 5 persen dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), yang telah dikurangi DAK (Dana Alokasi Khusus), untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan, serta untuk pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, dapat meningkatkan pemahaman aparatur wilayah kecamatan dan kelurahan, sekaligus mengaplikasikan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) kecamatan dan kelurahan, termasuk pelimpahan kewenangan wali kota kepada camat, serta susunan organisasi, tata kerja kecamatan, pendanaan kecamatan dan kelurahan, pembinaan dan pengawasan kecamatan dan kelurahan.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber pada sosialisasi tersebut, antara lain Kepala Seksi Wilayah II Sub Direktorat Kecamatan Dirjen (Direktorat Jenderal) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, Arison, S.STP., serta Analis dan Evaluator Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri RI, Junianto Nugroho, S.Sos. Sedangkan para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut, terdiri dari  para Kepala SKPD terkait, serta para camat dan lurah se Kota Sukabumi.

Leave a Reply