PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENDAPAT PIALA SANITASI AWARD TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, mendapat Piala Sanitasi Award Tahun 2018, dari Pemerintah Pusat. Piala tersebut diserahkan oleh Dirjen (Direktur Jenderal) Cipta Karya Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, bersama para penerima Piala Sanitasi Award Tahun 2018 lainnya, tepatnya pada acara City Sanitation Summit XVIII, di Hotel Luxury Kota Jambi Provinsi Jambi.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., mengucap syukur dan terima kasih, atas diterimanya piala tersebut, sekaligus sebagai salah satu kebanggaan dan tantangan, karena ke depannya harus lebih fokus dan meningkatkankan pembangunan sanitasi ke arah yang lebih baik lagi. Sebab melalui pembangunan sanitasi yang lebih baik, dapat menciptakan sekaligus meningkatkan derajat kesehatan serta kebersihan lingkungan dan masyarakat. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan sekaligus meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melakukan berbagai perbaikan dan pembangunan sanitasi di Kota Sukabumi, termasuk meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal merealisasikan pembangunan program peningkatan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi lingkungan di Kota Sukabumi, untuk mencapai target kesehatan lingkungan100-0-100, yakni 100 persen akses air minum, 0 persen pemukiman kumuh, serta 100 persen sanitasi yang layak dan baik di seluruh wilayah Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, program peningkatan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi lingkungan 100-0-100 ini, di Kota Sukabumi berjalan dengan baik, terutama untuk pembangunan sarana dan prasarana air bersih masyarakat. Karena Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memperhatikan dan mempedulikan masyarakat, khususnya yang berdomisili di daerah-daerah yang kekurangan air bersih.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pembangunan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi lingkungan di Kota Sukabumi, ditangani langsung oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Kelurahan masing-masing, terutama yang sudah memiliki legalitas formal dan badan hukum, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta sebelumnya sudah melakukan kontrak kerja dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

Leave a Reply