MTQ DAPAT MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN MASYARAKAT

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat khususnya umat Islam kepada Tuhan Yang Maha Esa, bukan hanya seremonial belaka, tapi masyarakat bisa lebih memahami akan kandungan Al-Quran serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tercipta masyarakat Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Penjelasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat melakukan monitoring dan memberi sambutan pada pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Citamiang, tepatnya hari Senin, 29 Oktober 2018, di Halaman Masjid Nurul Amal Kelurahan Nangeleng Kota Sukabumi. Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia penyelenggara dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi aktif, sehingga pelaksaanaan MTQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Citamiang ini, dibuka secara resmi oleh Camat Citamiang, Fitrya Kusnaningsih, S.STP. Sedangkan yang hadir pada kesempatan tersebut, PLT (Pelaksana Tugas) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Kepala Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi sekaligus sebagai Ketua Tim Pemantau MTQ Tingkat Kota Sukabumi, unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Citamiang, para Lurah se Kecamatan Citamiang, perwakilan dari Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, Ketua MUI Kecamatan Citamiang, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Camat Citamiang menandaskan, kegiatan MTQ ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dalam rangka mencari qori dan qoriah potensial, untuk diikutsertakan pada MTQ Tingkat Kota Sukabumi. Ditandaskan pula, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sekedar bermakna peneduh syiar Islam saja, tapi juga sebagai barometer untuk mengukur hasil dalam kegiatan pembelajaran seni baca Al-Quran di masyarakat. Disamping itu, juga menjadi media dakwah dan syiar keagamaan secara nyata, serta diharapkan dapat menjadi daya dorong yang kuat dalam memajukan dan mempercepat pembangunan terutama pembangunan keagamaan, termasuk pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta ahklakul karimah.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Sholehudin, S.Ag. mengharapkan, dengan dilaksanakannya MTQ ini, dapat mempererat dan meningkatkan silaturahmi, antara masyarakat dengan pemerintah, sekaligus untuk memahami isi kandungan Al-Quran dan meningkatkan syiar Islam, untuk tercapainya ukuwah islamiyah. Adapun tema yang diangkat dalam MTQ ini, yakni melalui MTQ Tingkat Kecamatan Citamiang Kita Bentuk Manusia Qurani, Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Yang Berkarakter dan Berahklakul Karimah, Menuju Kota Sukabumi Yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply