SELURUH ASN DI KOTA SUKABUMI WAJIB MENGIKUTI SHOLAT BERJAMAAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menandaskan, seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, wajib mengikuti Sholat Berjamaah. Selain itu, juga wajib mengikuti Sholat Subuh Berjamaah, yakni pada setiap hari Jumat di Masjid Agung Kota Sukabumi, pada setiap hari Sabtu keliling ke setiap masjid yang ada di Kota Sukabumi, dan pada setiap hari Minggu di Masjid AL-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi, termasuk Jumling (Jumat Keliling), sesuai dengan jadwal yang telah dikirimkan ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)-nya masing-masing.

Maksud dan tujuannya, selain untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para ASN atau PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, termasuk untuk menggencarkan dan menyemarakkan Sholat Berjamaah, serta untuk mewujudkan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahetera. Untuk itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar menghentikan berbagai aktifitas pekerjaannya pada waktu Dzuhur dan Ashar, serta melaksanakan Sholat Dzuhur dan Sholat Ashar Berjamaah di masjid atau mushola yang ada di SKPD-nya atau di masjid terdekat dari SKPD-nya masing-masing.

Dijelaskannya, dalam kebiasaan sehari-hari, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi sering menjumpai para ASN atau PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang sedang sibuk melakukan pekerjaannya, selalu menunda pekerjaannya pada waktu Dzuhur dan Ashar, serta melaksanakan Sholat Dzuhur dan Sholat Ashar Berjamaah di masjid atau mushola yang ada di SKPD-nya atau di masjid terdekat dari SKPD-nya masing-masing, karena sholat hukumnya wajib bagi setiap umat Islam. Setelah selesai melaksanakan Sholat Dzuhur atau Sholat Ashar Berjamaah, para ASN atau PNS tersebut baru melaksanakan aktifitas pekerjaannya kembali sampai dengan selesai jam kerja.

Sedengkan kewajiban untuk mengikuti Sholat Subuh Berjamaah dan Jumling, yakni selain untuk menjalin dan meningkatkan silaturahmi dengan sesama ASN atau PNS dan masyarakat, juga sebagai salah satu wahana dan sarana dialog antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Sukabumi dalam berbagai bidang. Dengan demikian, apabila ada salah satu permasalahan yang terjadi dan dihadapi oleh masyarakat di Kota Sukabumi, bisa disampaikan secara langsung kepada SKPD terkait, untuk secepatnya ditindaklanjuti dan diatasi secara optimal. Karena seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, harus senantiasa memerhatikan dan memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang.

Leave a Reply