FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJMD KOTA SUKABUMI TAHUN 2018-2023

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, dibuka secara resmi oleh PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., tepatnya tanggal 31 Oktober 2018, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Forum tersebut diikuti oleh para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se Kota Sukabumi, para unsur pemangku kepentingan, Tim Sinkronisasi Penyusunan RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menyampaikan Sambutan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., diantaranya menjelaskan, Dokumen RPJMD merupakan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah serta mutlak harus disusun. Dijelaskan pula, dalam penyelenggaraan pemerintahan, dokumen tersebut merupakan salah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan. Hal tersebut sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, serta Tata Cara Evaluasi Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

Selain itu juga dijelaskan, RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 yang akan disusun dan masih dalam bentuk rancangan awal ini, masih perlu diselaraskan dan dipertajam serta diklarifikasi data informasinya secara bersama-sama di forum ini. Karena para peserta yang mengikuti forum ini, masing-masing mempunyai basis kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis Kota Sukabumi, serta sudah saatnya memberikan masukan dan saran, untuk menyempurnakan Rancangan Awal RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 yang telah dibuat.

Disamping itu, juga dapat membahas dan menyepakati bersama atas tujuan, sasaran, program, kegiatan dan indikator, untuk mencapai visi serta misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yang akan dimasukan dalam RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023. Lebih jauh dijelaskan, RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, merupakan penjabaran dari visi dan misi serta program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih. Adapun visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply