PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEMECAH SEJUMLAH KELURAHAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, menurut rencana akan memecah sejumlah kelurahan di Kota Sukabumi. Adapun sejumlah kelurahan yang akan dipecah ini, yakni kelurahan-kelurahan yang jumlah dan perkembangan penduduknya cukup tinggi. Karena seperti diungkapkan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pemecahan kelurahan ini harus didasarkan pada rumusan jumlah penduduk dan luas wilayah kelurahan yang akan dipecah. Namun untuk merealisasikan pemecahan terhadap sejumlah kelurahan ini prosesnya masih cukup panjang, karena pada tahun 2019 akan dilaksanakan Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden), serta tidak boleh ada perubahan struktur dan pemecahan wilayah. Adapun kelurahan yang ada di Kota Sukabumi saat ini, seluruhnya ada 33 kelurahan, tersebar di 7 wilayah kecamatan.

Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si. mengatakan, sebagai daerah dinamis dan berkembang, Kota Sukabumi menjadi daya tarik bagi masyarakat dari luar Kota Sukabumi khususnya para pelaku usaha, untuk meningkatkan dan mengembangkan jenis usaha yang ditekuni dan dijalaninya. Hal tersebut sangat berpotensi terhadap perkembangan dan bertambahnya penduduk di sejumlah kelurahan di Kota Sukabumi, serta hal tersebut menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Sukabumi untuk memecah sejumlah kelurahan di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Dikatakan pula, untuk merealisasikan hal tersebut, harus dilakukan analisis dan kajian terlebih dahulu, karena ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, termasuk rentang kendali pelayanan dan luas wilayah kelurahan, sehingga proses pemecahan terhadap sejumlah kelurahan di Kota Sukabumi ini masih memerlukan waktu yang cukup panjang.

Selanjutnya dijelaskan, saat ini baru ada 4 kelurahan di Kota Sukabumi yang akan dipecah, serta sudah diajukan sejak tahun 2014 yang lalu. Adapun ke 4 kelurahan tersebut, antara lain Kelurahan Cisarua dan Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole, serta Kelurahan Dayeuhluhur dan Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong. Disamping itu juga dijelaskan, rencana pemecahan kelurahan ini diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. Dijelaskan pula, selain mengatur tentang pemecahan, dalam PP tersebut juga diatur tentang penggabungan wilayah termasuk kelurahan.

Leave a Reply