SELURUH ASN DI KOTA SUKABUMI DIWAJIBKAN MENGISI ABSENSI SECARA ONLINE

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, terhitung mulai tanggal 1 November 2018, diwajibkan mengisi absensi secara online melalui aplikasi SIAP (Sistem Informasi Absensi Pegawai) Pemerintah Kota Sukabumi. Aplikasi tersebut bisa didownload di play store android oleh seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuan diberlakukannya absensi tersebut, seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, untuk meningkatkan kedisiplinan dan kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta pada era milenial ini, para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sudah saatnya menggunakan sistem berbasis aplikasi.

Ditandaskan pula, program absensi digital berbasiskan android ini, harus digunakan oleh seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, melalui handphone seluler yang dimiliki oleh para ASN masing-masing. Selain itu juga ditandaskan, program SIAP untuk para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, sebagai salah satu bentuk dan komitmen Pemerintah Kota Sukabumi, dalam meningkatkan kedisiplinan dan kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, serta berbagai keluhan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan kedisiplinan dan kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi bisa dipantau setiap saat sekaligus diperbaiki dan ditingkatkan.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pemberlakuan absensi tersebut, akan senantiasa diperbaiki dan disempurnakan, setelah melihat berbagai kekurangannya, supaya bisa lebih baik lagi. Disamping itu, dengan diberlakukannya absensi tersebut, diharapkan dapat melahirkan para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang memiliki kedisiplinan dan kinerja yang tinggi, serta senantiasa memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidangnya masing-masing. Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantisa berupaya optimal melakukan berbagai perbaikan dan peningkatan dalam berbagai bidang, untuk meningkatkan pelayanabn kepada masyarakat dalam berbagai bidang ke arah yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Dalam pada itu, Sekretaris BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si. menjelaskan, program SIAP ini bisa diunduh melalui play store di smartphone oleh para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Sedangkan diberlakukannya program SIAP ini, diantaranya untuk meningkatkan keakuratan dan keakuntabelan serta kedisiplinan dan kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Selain itu, kedisiplinan dan kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, bisa dimonitor pada setiap saat, dari mulai absensi masuk dan pulang termasuk dinas luar serta sakit, izin dan cuti di aplikasi ini. Dijelaskan pula, kendati menggunakan aplikasi android, para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dalam melakukan absensi tidak bisa dilakukan di mana saja, tapi harus dilokasi tempat kerjanya masing-masing, karena aplikasi ini sudah diatur.

Leave a Reply