PROGRAM HIBAH AIR MINUM TELAH MEMBERIKAN DAMPAK YANG POSITIF

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Program Hibah Air Minum telah memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan sistem penyediaan air minum di kota dan kabupaten. Karena maksud dan tujuan dilaksanakannya program tersebut, untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan, yang diprioritaskan bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), dalam rangka upaya meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan usai mengikuti Lokakarya Peminatan Pelaksanaan Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2019, yang dibuka secara resmi oleh Dirjen (Direktur Jenderal) Ciptakarya Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, Dr. Ir. Danis H. Sumandilaga, M.Eng.Sc., tepatnya tanggal 1 Novembe 2018, di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh para Wali Kota dan Bupati, serta para Ketua DPRD dan Dirut PDAM (Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum) se Indonesia.

Ditandaskan pula, Program Hibah Air Minum ini, merupakan salah satu strategi pemerintah, khususnya dalam melakukan percepatan dan penambahan jumlah sambungan rumah baru, melalui penerapan OBA (Output Based Aid) atau pemberian hibah berdasarkan kinerja yang terukur. Disamping itu, juga dalam rangka upaya mencapai target universal akses 100 persen air minum yang aman. Selanjutnya ditandaskan, dengan adanya program tersebut, Pemerintah Kota dan Kabupaten diwajibkan melakukan peningkatan akses air minum yang layak dan aman, melalui pemasangan sambungan rumah baru dan jaringannya.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal merealisasikan pembangunan dan program peningkatan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi lingkungan 100-0-100, yakni 100 persen akses air minum, 0 persen pemukiman kumuh, serta 100 persen sanitasi yang layak dan baik. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya pembangunan dan program tersebut, dapat meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) masyarakat, khususnya di Kota Sukabumi. Dijelaskannya, program peningkatan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi lingkungan 100-0-100 ini, khusus di Kota Sukabumi sudah berjalan dengan baik, terutama pembangunan sarana dan prasarana air bersih untuk masyarakat.

Leave a Reply