WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA SOSIALISASI IBC BANK BJB TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, hari Selasa, 6 November 2018, di Hotel Maxone Kota Sukabumi, secara resmi membuka Sosialisasi dan implementasi IBC (Internet Banking Corporate) Bank BJB Tahun Anggaran 2018, untuk seluruh pengguna anggaran dan kuasa pengguna anggaran di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Direktur Bank BJB Cabang Sukabumi, perwakilan dari Bank BJB Pusat dan Kanwil (Kantor Wilayah) Regional I Bank BJB.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menandaskan, menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, Pemerinta Kota Sukabumi mengeluarkan Instruksi Wali Kota Sukabumi Nomor 188.55/1-BPKD/2018 tentang Pelaksanaan Transaksi Keuangan Secara Non Tunai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta dalam Instruksi Wali Kota Sukabumi tersebut diatur, bahwa transaksi non tunai dilakukan sejak tanggal 1 Januari 2018 secara bertahap.

Adapun sejumlah kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Transaksi Non Tunai di lingkungan Pemerinta Kota Sukabumi, antara lain masih tingginya kebutuhan penggunaan uang tunai dalam pelaksanaan kegiatan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), serta keterbatasan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) dalam pengembangan dan pengelolaan pelayanan transaksi non tunai. Selain itu juga keterbatasan infrastruktur pemerintah daerah, seperti koneksi jaringan internet yang memadai, dan ketersediaan data center yang dapat mengelola data transaksi elektronik, serta keterbatasan pelayanan transaksi non tunai di Bank BJB.

Sedangkan upaya untuk mengatasi sejumlah kendala tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi bekerjasama dengan Bank BJB menggunakan IBC. Diharapkannya, dengan adanya IBC Bank BJB ini, para bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu, dapat melakukan transaksi non tunai sendiri tanpa melalui Teller Bank BJB, serta para pengguna anggaran dan kuasa pengguna anggaran dapat melakukan kontrol secara langsung atas transaksi yang dilakukan, sehingga dapat mempercepat pembayaran transaksi tanpa harus antri di Teller Bank BJB.

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Bank BJB, yang telah mendukung pelaksanaan transaksi non tunai pada Pemerintah Kota Sukabumi. Karena keberhasilan transaksi non tunai serta pelaksanaan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, berkat adanya sinergitas antara Bank BJB dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

Leave a Reply