PERINGATAN HARI PAHLAWAN UNTUK MEMPERKUAT NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, maksud dan tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Pahlawan, untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, serta untuk mempertebal kecintaan terhadap tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Penandasan Menteri Sosial tersebut, disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., selaku Inspektur Upacara, saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Ke 73 Hari Pahlawan Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 10 November 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi vertikal, para Camat dan Lurah, para pejuang, alim ulama, tokoh masyarakat, wanita dan pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, Peringatan Hari Pahlawan ini bukan semata-mata sebuah acara seremonial saja, tapi memiliki makna dan substansi serta energi dan semangat baru, untuk mewarisi nilai-nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia. Peringatan Ke 73 Hari Pahlawan Tahun 2018 ini mengambil tema Semangat Pahlwan di Dadaku. Diharapkannya, Peringatan Hari Pahlawan ini dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia, untuk melakukan introspeksi diri serta dapat mewariskan nilai-nilai kepahlawanan dan melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan, khususnya dalam menegakkan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang sejahtera serta adil dan makmur.

Selain itu juga ditandaskan, pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, serta jangan ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang. Oleh karenanya, pada Peringatan Hari Pahlawan ini harus dapat melahirkan ide atau gagasan mentransformasikan semangat kejuangan dan kepahlawan serta keuletan dalam melaksanakan pembangunan di berbagai bidang, sekaligus mentransformasikan keberanian dan inspirasi dalam melawan dan mengusir musuh bersama bangsa saat ini, diantaranya kemiskinan.

Untuk itu, negara saat ini membutuhkan pemuda yang kokoh dan mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial, serta mampu terlibat dalam berbagai usaha meningkatkan kesejahteraan dan memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan sosial. Dikatakannya. pemuda yang mempunyai pandangan global, akan dapat berkolaborasi untuk kemajuan bangsa, serta dapat memanfaatkan teknologi untuk menjadikan bangsa Indonesia dapat bersaing dan bersanding dengan negara lain, khususnya dalam era revolusi industri 4.0.

Usai upacara, dilanjutkan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga ke TMP (Taman Makam Pahlawan) Suryakencana Kota Sukabumi, untuk mengenang dan menghormati jasa dan pengorbanan para pejuang dan pahlawan dalam mengambil kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia dari para penjajah, dipimpin oleh Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos.

Leave a Reply