PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN SENANTIASA MENERTIBKAN RUAS JALAN IR. H. DJUANDA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal menata dan menertibkan sepanjang ruas jalan Ir. H. Djuanda Kota Sukabumi, atau yang lebih dikenal disebut Jalan Dago. Adapun penataan dan penertiban yang dilakukan di ruas jalan tersebut, antara lain dengan diberlakukannya larangan parkir bagi setiap kendaraan baik roda empat maupun roda dua, terhitung mulai tanggal 1 November 2018. Selain itu, juga terhadap para PKL (Pedagang Kali Lima) yang berjualan di sepanjang ruas jalan tersebut, sehingga ruas jalan tersebut terlihat rapih dan bersih, terutama dari parkir kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, dilaksanakannya penataan dan penertiban terhadap ruas jalan tersebut, sebagai salah satu upaya merespon sekaligus menindaklanjuti keluhan masyarakat para pengguna jalan tersebut, atas banyaknya kendaraan khususnya roda dua yang diparkir di badan jalan tersebut. Disamping itu, juga untuk memberikan dan meningkatkan kenyamanan kepada masyarakat para pengguna jalan tersebut, dari banyaknya kendaraan yang diparkir di badan jalan tersebut.

Ditandaskan pula, penataan dan penertiban terhadap ruas jalan tersebut sangat perlu dilakukan, terutama dari parkir kendaraan roda dua, karena ruas jalan tersebut berada di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi, serta SMA Negeri 4 Kota Sukabumi, SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, SMP Negeri 2 Kota Sukabumi dan SMP MY Kota Sukabumi. Selain itu, badan jalan tersebut sering dimanfaatkan oleh para pelajar untuk memarkir kendaraannya, khususnya para pelajar yang tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Sebab peraturan sekolah melarang para pelajarnya membawa kendaraan masuk ke area sekolahnya apabila tidak memiliki SIM, sehingga para pelajar tersebut memarkir kendaraannya di badan jalan tersebut.

Dalam pada itu, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Parkir Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Rudi Hartono menjelaskan, dilaksanakannya penataan dan penertiban terhadap ruas jalan tersebut terutama dari parkir kendaraan, sesuai dengan arahan Wali Kota Sukabumi. Karena badan jalan tersebut sering dipadati oleh parkir kendaraan khususnya roda dua. Djelaskan pula, larangan parkir kendaraan di ruas jalan tersebut, hanya untuk jalur sebelah timur saja, sedangkan untuk jalur sebelah barat masih bisa digunakan untuk parkir kendaraan. Selain itu juga dijelaskan, larangan parkir kendaraan di badan jalan tersebut diberlakukan setiap hari, tepatnya mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Leave a Reply